header_ads

Camat Jembatani Pelaku UKM Pinjam Modal Usaha

Camat Jembatani Pelaku UKM Pinjam Modal Usaha 

BERITA BOGOR - beritabogor.com o Daya saing usaha kecil dan menengah dewasa ini cukup ketat, terutama dalam hal legalitas dan permodalan. Guna menjawab tantangan itu, Camat Babakan Madang menjembatani para pelaku usaha bersama Bank Nasional Indonesia (BNI). 

Camat Babakan Madang, Yudi Santosa mengatakan pihaknya berupaya untuk mengembangkan para pengusaha skala kecil dan menengah untuk tumbuh dan berkembang guna meningkatnya perekonomian di wilayah Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. 

“Pembinaan dan pengembangan industri, koperasi dan usaha kecil menengah tingkat Kecamatan Babakan Madang kita gencarkan untuk menjembatani pengusaha skala kecil menengah, termasuk persoalan permodalan. Narasumber berasal dari BNI setempat,” paparnya di aula kantor Kecamatan Babakan Madang, Jum’at (21/10). 

Dirinya menjelaskan potensi usaha di wilayah kerjanya cukup banyak dan prospeknya cukup cerah, mengingat wilayah Kecamatan Babakan merupakan salah satu kawasan pariwisata dan niaga di Kabupaten Bogor. “Kita membina para pelaku usaha agar memperoleh solusi dalam mengembangkan usahanya masing-masing,” jelasnya. 

Dilokasi yang sama, Pemimpin BNI Kantor Kas Sentul City Intan Cahyawati mengungkapkan masih banyak para pelaku usaha yang belum mengetahui prosedur pengajuan permodalan usaha kecil menengah ke Perbankan. “Diantaranya, banyak yang belum memiliki KTP-el dan NPWP sebagai salah satu syarat pinjaman modal ke Bank. Sedangkan BNI berkomitmen akan melakukan pembinaan kepada seluruh pelaku usaha serta menawarkan pinjaman modal usaha mulai dari Rp10 Juta hingga Rp25 Juta dengan bunga rendah,” ungkapnya. 

Sementara, Dede (42) pelaku UKM yang memproduksi Cuka kemasan dan Syrop Mengkudu mengaku terbantu dangan adanya program pembinaan UKM dari Camat Babakan Madang. “Selama ini kita pinjam di Bank dengan bunga yang tinggi dan agunan. Tapi di BNI tidak perlu agunan, asalkan prasyarat lengkap dan usaha sedang berjalan,” imbuh Dede. (dwitama/heri)
Diberdayakan oleh Blogger.