header_ads

Linguaphone.id

Cabang Judo Dihelat Pertama Sepanjang Sejarah Perpanas

Dari Meraba, Muncul Bantingan dan Kuncian 

BERITA BOGOR - beritabogor.com o Dari 13 cabang olahraga dalam Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV 2016 Jawa Barat, 15-214 Oktober ini, ada satu cabang beladiri yakni judo yang dihelat pertama sepanjang sejarah Perpanas di GOR Pajajaran, Kota Bandung.

Sebagai cabang satu-satunya, sangatlah menyentuh jika membahas bagaimana paralimpian judo tunanetra bisa piawai memainkan olahraga bantingan dan kuncian asal Negeri Sakura Jepang ini.  Setidaknya itulah yang dirasakan Budi Hidayat, pelatih paralimpian Judo Jawa Barat. Yang pertama adalah memberikan dulu gambaran lawan tanding berikut sistem permainannya.   

"Kami latih satu tahap demi tahap. Mereka diminta meraba dulu lawan, dibetulin dulu saat meraba. Jatoh diberdiriin lagi, diraba lagi. Baru dua bulanan mereka sudah bisa jatoh-jatohan secara baik," katanya saat ditemui di GOR Pajajaran, Kota Bandung, Senin (17/10/2016). 

Sekalipun demikian, kata Budi, dirinya tidak pernah membedakan paralimpian dan olimpian. Sewaktu masuk lapangan, dia memperlakukan semua setara saja. "Saya lepas gitu saat melatih, jadi jangan pernah membedakan oh saya normal, dia tunanetra, tidak seperti itu. Normal aja. Ini juga tantangan besar buat saya sebagai pihak yang pertama mencetuskan blind judo," katanya. (rilis)
Diberdayakan oleh Blogger.