header_ads

BLH Motivasi Warga Membuat Lubang Resapan Biopori

BLH Kabupaten Sosialisasi Lubang Resapan Biopori di- 6 Kecamatan

BERITA BOGOR - beritabogor.com o Puluhan masyarakat yang bermukim di 7 Rukun Warga Desa Semplak Barat, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor antusias mengikuti sosialisasi sekaligus pembuatan lubang resapan biopori yang digelar Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Bogor.

Dalam sambutannya, Kepala BLH Kabupaten Bogor, Roni Sukmana menyampaikan bahwa pihaknya menitipkan sebanyak 45 alat bor pembuatan lubang resapan biopori kepada pihak Desa untuk dimanfaatkan oleh masyarakat sebaik-baiknya. “Manfaatkan alat bor untuk membuat lubang resapan biopori disekitar rumah warga,” paparnya di Balai Desa Semplak Barat, Selasa (11/10/2016)

Menurutnya, banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat hingga generasi yang akan datang apabila lubang resapan biopori dapat secara benar dilakukan warga. Diantaranya dapat mengurangi genangan air, menyerap air, membuat tanah subur, dan menghasilkan kompos organik untuk tanaman serta manfaat lainnya bagi lingkungan hidup,” jelasnya.

Dilokasi yang sama, Plt Camat Kemang Ujang Supendi berharap kepada masyarakat yang hadir mengikuti sosialisasi dapat memotivasi warga lainnya untuk turut aktif menjaga lingkungan hidup sekitarnya yang dimulai dari memahami pentingnya lubang resapan biopori sampai merasakan manfaatnya bagi generasi yang akan datang.

“Selama musim hujan, warga mengeluhkan debit air tidak kunjung bertambah, padahal banyak genangan air disekitar permukiman warga. Sosialisasi ini menjadikan warga mengerti manfaat lubang resapan biopori di lingkungan permukiman warga. Karena program ini penting maka tahun ini pihak Desa akan membeli beberapa unit alat bore lubang resapan biopori,” ungkap Idris selaku Sekretaris Desa Semplak Barat.

Usai sosialisasi yang disampaikan oleh narasumber dari Yayasan Peduli Konservasi Alam, puluhan masyarakat beserta pengurus RT di 7 RW dan staf Desa Semplak Barat langsung terjun ke permukiman warga guna membuat sebanyak 250 lubang resapan biopori. Kegiatan serupa juga akan dilaksanakan di Kecamatan Cibinong (13/10), Kecamatan Citeurep (18/10), Kecamatan Babakan Madang (20/10), Kecamatan Sukaraja (25/10), dan Kecamatan Cisarua (27/10). (dwitama)



Kepala BLH Kabupaten Bogor memberikan puluhan kaos secara simbolis 

Diberdayakan oleh Blogger.