header_ads

Linguaphone.id

Kesenian Budaya Sunda Melalui Rampak Sekar

Kesenian Budaya Sunda Melalui Rampak Sekar 

BERITA BOGOR - beritabogor.com o Perkaya Diri Dengan Kesenian Budaya Sunda Melalui Rampak Sekar. Pengembangan budaya sunda yang seharusnya dilestarikan oleh anak cucu kita hingga saat ini masih jauh panggang dari api.

Salahsatu fakta yang menguatkan belum berkembangnya kearifan lokal dikalangan pelajar tingkat SD, SMP dan SMA sebagai generasi penerus ini, dengan adanya beberapa serangkaian acara yang berbau budaya sunda yang terus digaungkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota, Kabupaten dan Provinsi di pelbagai tempat -dimanapun- di Jawa Barat.

Dan belum lama ini penyelenggaraan Pasanggiri Rampak Sekar tingkat SD dan SMA pun kembali dilangsungkan oleh Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disbudparekraf) Kota Bogor di Gedung Kesenian Kemuning Gading. Tujuannya, demi memperkaya anak terhadap kesenian budaya sunda -bahasa sunda- disamping pengenalan, pengembangan dan pelestarian dikalangan para pelajar se-Kota Bogor.

"Selain perkembangan jaman, keterbatasan guru seni dimasing-masing sekolah masih menjadi dominan. Akibatnya, pengetahuan budaya bahasa sunda termasuk seni dan budayanya belum begitu banyak dikenal dikalangan pelajar," ungkap Ka. Disbudparekraf Kota Bogor, H. Shahlan Rasyidi.

Namun Shahlan tetap optimis, meskipun diterjang badai besar ia akan tetap berjalan, mengayuh dengan sekuat tenaganya tanpa rasa lelah. Karena menurutnya, warisan nenek moyang ini wajib dijaga, dikembangkan dan dilestarikannya. "Visi saya adalah Hayu Urang Tanjeurkeun Budaya Sunda -Mari Kita Tingkatkan Budaya Sunda," jelas Shahlan. (erick)

Diberdayakan oleh Blogger.