header_ads

Camat Desak Kades Bantu Rumah Nyaris Roboh

PRIORITASKAN BANTUAN RUTILAHU RAWAN ROBOH 

Desa Karang Tengah Kecamatan Babakan Madang memiliki jumlah Rumah tidak layak huni (Rutilahu) terbanyak se- Kabupaten Bogor. Data menyebutkan 850 Rutilahu yang sudah diperbaiki sebanyak 375 rumah, sedangkan sisanya 450 Rutilahu masih daftar tunggu hingga Tahun 2018 mendatang.

Camat Babakan Madang, Yudi Santosa membenarkan Desa Karang Tengah memiliki Rutilahu terbanyak se- Kabupaten Bogor. Dirinya meminta Kepala Desa Karang Tengah untuk memprioritaskan rumah warga yang rawan roboh Kampung Gelewer maupun warga lainnya di Desa Karang Tengah. “Saya baca di media massa ada warga di Kampung Gelewer RT 04/04 yang sudah lima tahun rumahnya rawan roboh. Saya minta pihak Desa memprioritaskan tahun ini,” tegasnya, Senin (19/9).

Dirinya menegaskan, pihak Desa Karang Tengah segera memprioritaskan bantuan Program Rutilahu bagi rumah warga yang kondisinya sudah darurat dan rawan roboh. “Tahun ini juga harus diperbaiki, dan pihak Desa dapat membuat laporannya dilengkapi berita acara,” tegasnya.

Menurutnya di Desa Karang Tengah memang memiliki banyak rumah warga yang membutuhkan sentuhan Program Rutilahu. “Paling banyak di Desa Karang Tengah yakni 825 rumah dan baru direalisasi 375 rumah. Sedangkan sisanya 450 rumah masih menunggu giliran sampai tahun 2018 mendatang,” ungkapnya.

Terpisah, Sekretaris Desa Karang Tengah Mulyadi menjelaskan dari 50 Rutilahu tahun ini baru 20 rumah yang sudah direalisasi. Sedangkan sisanya 30 Rutilahu masih menunggu pencairan dana tahap kedua dari Dinas Tata Bangunan dan Permukiman Kabupaten Bogor. “Warga RT 04/04 Kampung Gelewer dimaksud sudah kami prioritaskan sebagai penerima bantuan Rutilahu tahap kedua pada tahun ini. Jumlah bantuan sebesar Rp. 10 juta,” jelas Mulyadi.

Sebelumnya media massa di Bogor marak memberitakan adanya rumah milik salah satu keluarga miskin pasangan Uci dan Emah warga Kampung Gelewer yang sejak 5 tahun lalu kondisinya nyaris roboh yang terletak di RT 04 RW 04 Kampung Gelewer, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. (Als)

Diberdayakan oleh Blogger.