header_ads

Cabor Barongsai POB XIX Resmi Tanding

Cabor Barongsai Resmi Tanding di PON XIX

Upaya, perjuangan dan kerja keras para pengurus Federasi Olahraga Barongsai Indonesia -FOBI- yang sudah dilakukannya selama 10 tahun itu kini berbuah manis. Hasilnya, pembentukan sebuah organisasi barongsai secara nasional dengan mempersatukan seluruh wadah keorganisasian ini menjadi satu payung organisasi dalam FOBI.

Animo masyarakat yang cukup tinggi terhadap barongsai yang selama ini dikenal memiliki medium budaya dan olahraga, diakui Komite Olahraga Nasional Indonesia -KONI- sebagai salah satu Cabang Olahraga -Cabor- sejak 2013 lalu melalui putusan No.04/RA/2013 yang diresmikan di Bandung, Jawa Barat.

"Upaya kami untuk menjadi anggota Koni dan akhirnya masuk sebagai cabor eksibisi pada Pekan Olahraga Nasional -PON- XIX di Jawa Barat ini dengan penantian yang panjang yakni kerja keras selama 10 tahun," ungkap, Arifin Himawan, Ketua Bidang Pembinaan PB FOBI, kepada awak media saat Konferensi Pers di Wisma Atlit, Gedung Kanpora, Kota Bogor, Selasa -20/19/2016-.

Atlit yang mewakili 15 provinsi dalam laga eksibisi barongsai di PON XIX Jawa Barat 2016 dengan memperebutkan 9 medali ini diikuti sebanyak 712 peserta. Sebagai tuan rumah, Jawa Barat sendiri diberi kesempatan dengan mengirimkan 2 kontingen yang akan mengikuti 9 rangkaian kategori pertandingan diantaranya, Naga Taulu Bebas, Naga Halang Rintang, Naga Kecepatan, Barongsai Tradisional, Barongsai Taulu Bebas, Barongsai Halang Rintang, Barongsai Kecepatan, Pekingsai Taulu Bebas dan Pekingsai Kecepatan.

"Semua nomor pertandingan mengacu pada sistem pertandingan International Dragon and Lion Dance Federation atau IDLDF," pungkas Arifin yang juga Ketua Penyelenggara Eksibisi Barongsai PON XIX Jawa Barat. (Erick)

Diberdayakan oleh Blogger.