header_ads

Upacara HUT RI Ke-71 Tingkat Kota Bogor

Upacara HUT RI Ke-71 Tingkat Kota Bogor

Upacara puncak peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 Tingkat Kota Bogor, Rabu (17/8/2016), dipusatkan di Kosdiklat TNI AD, Lapangan Wira Yudha Pusdikzi, Jalan Jenderal Sudirman Bogor. Walikota Bogor Bima Arya bertindak selaku inspektur upacara.

Upacara ini diikuti oleh seluruh unsur pimpinan Muspida, perintis kemerdekaan, angkatan '45, wredhatama, warakawuri, keluarga pahlawan, sesepuh Kota Bogor dan para teladan juga organisasi kemasyarakatan (ormas). Juga hadir perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kalangan pelajar dan masyarakat.

Dalam pesannya, Walikota Bogor Bima Arya menyampaikan bahwa yang paling utama di hari yang berbahagia ini adalah karena bangsa Indonesia telah sampai pada usianya yang ke-71 pada proses perjalanan bangsa.

"Bahwa kemerdekaan ini diperoleh dengan keringat dan airmata. Maka di momentum istimewa ini kita sama-sama kembali ke pertanyaan yang paling mendasar. Yaitu untuk apa kita merdeka, mengapa kita merdeka, dan bagaimana kita merdeka," ungkap Bima.

Tetapi, katanya, pertanyaan untuk apa bangsa Indonesia merdeka seringkali diabaikan. "Bima mengutip pernyataan salah satu Bapak Proklamator RI, Bung Hatta, bahwa merdeka bukanlah akhir. Tapi justru awal untuk memakmurkan dan menyejahterakan serta berkeadilan sosial.

"Bung Karno juga pernah mengatakan bahwa kapal yang membawa republik ini merdeka adalah persatuan. Artinya dari kemerdekaan ini untuk menggapai persatuan dan kesatuan. Karena tidak mungkin kita makmur dan bahagia tanpa ada persatuan dan kesatuan," papar Bima.

Oleh karena itu, masih kata Bima, pesan Bung Karno itu masih relevan sampai saat ini bahwa persatuan dan kesatuan akan membawa bangsa Indonesia makmur dan sejahtera. (kris)

Diberdayakan oleh Blogger.