Header Ads

Tenaga Kesehatan Siap Bantu Pemudik

Tenaga Kesehatan Siap Bantu Pemudik 

Pergerakan warga menjelang lebaran diprediksi akan padat seperti tahun-tahun sebelumnya. Mengakomodir situasi lebaran dalam hal pelayanan kesehatan selama lebaran nanti, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor sudah menyiagakan 24 puskesmas se-Kota Bogor dan satu posko kesehatan di Terminal Baranangsiang.

Kepala Seksi Pelayanan Dasar dan Rujukan Dinas Kesehatan Kota Bogor Armein Rowi mengatakan dari 24 puskesmas yang beroperasi empat puskesmas diantaranya melayani  pelayanan rawat inap 24 jam. Yakni Puskesmas Tanah Sareal, Puskesmas Pasir Mulya, Puskesmas Mekar Wangi dan Puskesmas Bogor Utara. “Tak hanya puskesmas, kami juga menyediakan pelayanan pengaduan masalah kesehatan call center 24 jam yang bisa dihubungi melalui telepon di 0251 8363335 dan sms/ wa 081284004842,” jelas Armein.

Armein menuturkan pos kesehatan yang ada di Terminal Baranangsiang diperuntukan bagi seluruh masyarakat yang membutuhkan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) selain juga menyediakan beberapa obat. Posko gabungan dengan Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ) Kota Bogor dan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bogor Kota ini juga akan bersiaga 24 jam. Setiap harinya akan dibagi dua shift dengan masing-masing satu dokter, satu perawat, dan satu mobil ambulance. “Pos kesehatan sudah berjalan sejak kemarin hingga nanti 13 Juli mendatang untuk antisipasi arus balik,” jelasnya.

Sementara itu Staf Pemantau Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan Zed Nur Zam alias Buyung mengatakan, pihaknya bertugas meninjau pos kesehatan Dinkes di setiap daerah.  Tidak terkecuali Kota Bogor yang posnya pertama kali dikunjungi. Keberadaan pos kesehatan ini merupakan amanat dari Presiden RI Joko Widodo selama mudik lebaran. “Kami hanya meninjau apakah di setiap daerah ada pos kesehatannya dan nanti akan dilaporkan ke pusat,” pungkas Buyung. (ice)
Diberdayakan oleh Blogger.