header_ads

Linguaphone.id

Pengendalian Gas LPG 3 Kilogram


PENGENDALIAN GAS LPG 3 KG KABUPATEN BOGOR TAHUN 2016 


Dalam rangka pengendalian dan pengawasan terhadap peredaran gas bersubsidi LPG 3 Kg, menjelang Ramadhan dan menghadapi Hari Raya IdulFitri, Dinas ESDM Kabupaten Bogor melaksanakan Rakor sekaligus sosialisasi kepada berbagai pihak termasuk para agen gas dan masyarakat.

Padakegiatan sosialisasi tersebut, Kabid Migas ESDM Kabupaten Bogor mengatakan, kegiatan pengendalian dan pengawasan terhadap peredaran LPG 3 Kg telah diatur oleh berbagai ketentuan yang berlaku, mulai dari Undang-undang, Perpres hingga Peraturan Menteri.

Diantaranya. UU RI No:22 Th 2001 Tentang Minyak dan Gas; UU RI No 23 Th 2004 Tentang Pemerintahan Daerah; Perpres No 104 Th 2007 Tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Penetapan Harga LPG Tabung Gas 3 Kg, serta Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri RI dan Menteri ESDM RI. No17 Th 2011, No 5 Th 2011 Tentang Pembinaan dan Pengawasan Pendistribusian tertutup Liquified Petroleum Gas Tertentu di Daerah. Peraturan Menteri ESDM RI  No 26 Th 2009 Tentang Penyediaandan Pendistribusian LPG Tertentu.

Kabid Migas Dinas ESDM Kabupaten Bogor menekankan bahwa pelaksanaan kegiatan rakor sekaligus sosialisasi terhadap pengendalian dan pengawasan peredaran tabung gas 3 Kg menjelang bulan puasa dan mengahadapi lebaran tahun 2016 ini bertujuan untuk menjamin ketersediaan dan kelancaran pendistribusian LPG tertentu di daerah. Dan juga untuk mengawasi Harga Eceran Tertinggi (HET) LPG tertentu diwilayah distribusi. Serta berupaya agar kedepan adanya kemudahan dalam pendirian penyediaan sarana dan fasilitas pendistribusian LPG tertentu di wilayah distribusi.

Dihadapan Para Agen LPG dan masyarakat serta para undangan, Kabid Migas Dinas ESDM  Kabupaten Bogor menjelaskan pentingnya kegiatan Pengawasan Subsidi LPG Tabung 3 Kg. Sedangkan mengenai Pengendalian LPG 3 Kg menjelang Ramadan dan Idul Fitri, juga dipandang penting dilakukan karenaLPG 3 Kg merupakan barang yang disubsidi oleh Pemerintah.

Untuk itu Para Agen dan pengkalan harus mengikuti aturan dan tidak menyalahgunakannya. Para Agen LPG 3 Kg yang dipasok dari agen jangan hanya diperuntukan bagi para pedagang pengecer saja akan tetapi pangkalan harus melakukan penjualan kepada konsumen secara langsung agar harga tidak tinggi karena rantai distribusi yang panjang. Para Agen pada wilayah tertentu seperti pasar, pusat penjualan makanan agar ketersediaan LPG 3 Kg mudah di distribusi.

Para AgenTahun 2016 diharapkan kondisi yang kondusif tetap terjaga seperti tahun- tahun sebelumnya serta melakukan langkah-langkah antisipatif harus diupayakan agar LPG 3 Kg selalu tersedia, mudah didapat karena ketersediaan merata diseluruh wilayah Kabupaten Bogor.

Kuota LPG 3 KG Tahun 2016 telah ditetapkan melalui APBN, langkah antisipatif jelang Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 2016, Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor mengusulkan untuk penambahan kuota sampai 30%;Agar masyarakat bisa menikmati bahan bakar gas yang lebih murah, Pemerintah juga terus mempercepat pemasangan jaringan gas alam ke rumah tangga di Kabupaten Bogor.Ujar Kabid Migas Dinas ESDM Kabupaten Bogor

05/07/2016
Diberdayakan oleh Blogger.