header_ads

Lebaran.id

Opening Ceremony PON XIX Stadion GBLA

Opening Ceremony PON XIX/2016 di Stadion GBLA 

Opening Ceremony atau Upacara Pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat dikembalikan pelaksanaannya ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage, Kota Bandung. Kepastian ini disampaikan oleh Gubernur Jawa Barat yang juga Ketua Umum Pengurus Besar (PB) PON XIX/2016 Jabar Ahmad Heryawan (Aher) di Gedung Sate, Jl. Diponegoeo No. 22, Kota Bandung pada Jumat siang (1/7/2016).

Hal ini berdasarkan pada berbagai pertimbangan, seperti kesiapan GBLA serta masukan dari berbagai pihak, termasuk para kontingen dan KONI Pusat yang menginginkan upacara pembukaan digelar di GBLA. Selain itu, Aher juga ingin pihaknya fokus pada satu lokasi opening ceremony saja.
Aher pun mengatakan hal tersebut akan segera dibuat Surat Keputusan (SK) untuk mempermudah proses administrasi yang semula opening ceremony akan digelar di Stadion Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung berubah lokasi di GBLA, Gedebage, Kota Bandung. “Tentu di-SK-kan untuk mengabsahkan pengalihan penganggaran,” tambahnya.

Hingga kini perbaikan GBLA pun terus dilakukan. Aher mengaku perbaikan tersebut dikebut agar pada pelaksanaan nanti GBLA benar-benar siap untuk opening ceremony PON pada September 2016 mendatang.

“Perbaikan terus berjalan ya. Insya Allah fungsional bulan Juli sudah kita bisa nyatakan layak fungsional. Tentu masih ada waktu Agustus kan – perbaikan kecil-kecil juga terus berjalan sampai hari H-nya datang,” tutur Aher.

Namun begitu, Aher mengungkapkan proyek Tol Soroja (Soreang-Pasirkoja) yang menjadi akses menuju Stadion Jalak Harupat akan terus dilakukan. Pengerjaan Tol Soroja akan dikebut pengerjaannya mengingat Stadion Jalak Harupat juga menjadi venue beberapa cabang olahraga.

Sementara untuk akses menuju GBLA, lebih lanjut Aher juga menjelaskan bahwa dia akan meminta pihak terkait agar segera merampungkan akses jalan menuju GBLA, seperti interchange dari jalan tol yang langsung menuju Stadion GBLA.

“Aksesnya (ke GBLA) coba wartawan datang ke sana, biar dikritisi sama wartawan aksesnya kurang ini-itunya. Ya tentu akses lain dari Jalan Soekarno-Hatta ada jalan masuk dan akan segera dikoordinasikan dengan Kementerian PUPR untuk segera menyelesaikan interchange, ya, pintu akses dari tol langsung karena lebih dekat,” tutur Aher. (rilis)
Diberdayakan oleh Blogger.