header_ads

Linguaphone.id

Kota Bogor Butuh Armada Damkar Kecil

Dalam membantu proses penanganan kebakaran dan bencana alam diwilayah pemukiman padat yang tidak bisa dilalui kendaraan besar, Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor mengakui bahwa mereka masih kekurangan alat, yaitu mobil pemadam kebakaran (damkar) kecil. 

Hal ini dikatakan oleh Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor Ganjar Gunawan, Senin (25/7). “Untuk menanggulangi kebakaran dan bencana alam di wilayah yang tidak bisa dilalui dan dimasuki kendaraan Besar kami membutuhkan kendaraan truk kecil,” katanya. 

BPBD Kota Bogor menurut Ganjar, juga membutuhkan perlengkapan lain seperti mobil tangga. Menurut dia, alat tersebut diperlukan karena Kota Bogor sedah banyak bangunan tinggi. “Apabila terjadi kebakaran di gedung-gedung tinggi tentu dibutuhkan mobil tangga untuk mengevakuasi dan memadamkan api,” kata Ganjar. 

Selain itu, lanjut Ganjar, BPBD juga masih membutuhkan alat pemotong baja untuk evakuasi kecelakaan berat seperti kecelakaan kereta api, tabrakan bus, dan bangunan roboh. “Peralatan damkar mahal-mahal. Truk damkar standar nasional saja harganya mencapai Rp 2 miliar, jadi kuncinya adalah ketersedian anggarannya,” tutup Ganjar. 

Seperti yang diketahui, BPBD Kota Bogor saat ini memiliki enam unit truk damkar layak jalan dan satu mobil tangga bantuan dari Kementerian Dalam Negeri. (red)
Diberdayakan oleh Blogger.