Header Ads

Calon Jama'ah Haji Jalani Pemeriksaan Kesehatan

Calon Jama'ah Haji Wajib Tes Kesehatan 

2811 CALON HAJI WAJIB IKUTI PEMERIKSAAN KESEHATAN 
Ibadah haji merupakan ibadah dengan perjalanan panjang dan menempuh berbagai kegiatan ibadah yang menyita fisik serta beresiko pada kesehatan fisik. Tak hanya itu, kondisi medan, iklim dan cuaca ekstrim di tanah suci sangat jauh berbeda dengan tanah air. 

Guna mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan saat menunaikan ibadah haji, Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) Kabupaten Bogor bekerja sama dengan lima Puskesmas menggelar pemeriksaan calon haji yang akan diberangkatkan pada tahun ini. 

Kepala Puskesmas Cimandala Sukaraja, dr. Lidya Martuaria mengatakatan selama tiga hari pihaknya menerjunkan 45 tenaga dan kader kesehatan untuk memeriksa sekitar 410 calon Jama'ah haji dari Kecamatan Sukaraja, Dramaga, Gunung Sindur, Babakan Madang , Parung, Ciseeng, Jonggol, Ranca Bungur dan Kemang. 

"Pemeriksaan kesehatan ini wajib di ikuti oleh seluruh calon haji, dimulai tanggal 27-29 Juli 2016 ini adalah Pemeriksaan calon haji tahap II, sebelumnya sudah dilakukan pemeriksaan pada tahap I di bulan Januari 2016 kemarin," jelasnya. 

Menurutnya, Pemeriksaan kesehatan itu meliputi kelengkapan berkas riwayat kesehatan, vaksinasi mininghitis, tes urine setiap wanita usia subur, kondisi fisik dan gejala kesehatan. "Calon haji yang memenuhi syarat kesehatan maupun perlunya ada pendampingan obat yang perlu di konsumsi maka dipastikan akan berangkat ke tanah suci," jelas dia. 

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor menjelaskan sebanyak 250 TKHI bekerjasama tenaga dan kader kesehatan ditugaskan di Puskesmas Ciampea, Ciawi, Citereup, Cibinong, dan Cimandala Sukaraja melayani calon haji asal Kabupaten Bogor. "Berdasarkan data ada 2811 calon haji yang mengikuti pemeriksaan kesehatan," katanya singkat. (als) 

Diberdayakan oleh Blogger.