header_ads

Linguaphone.id

Tim Reaksi Cepat Tetap Siaga Saat Ramadhan

TIM REAKSI CEPAT BPBD TAK BOLEH LENGAH SAAT RAMADHAN DAN IDUL FITRI
Selama bulan suci Ramadhan, kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor tetap ditingkatkan. Pasalnya, bencana dapat terjadi kapanpun dan dimana pun.

Kepala Seksi Kesiapsiagaan dan Satlakar BPBD Kabupaten Bogor, Budi Aksomo mengatakan seluruh anggota tim reaksi cepat sudah terlatih kedisiplinan dan tanggung jawabnya. "Kita tidak mengenal libur, bahkan di bulan suci juga tidak boleh lengah," katanya, Selasa (21/6).

Pengananan bencana membutuhkan komitmen dalam tanggap dan kesiapsiagaan. Sebab, bencana tidak dapat diprediksi kapan dan dimana terjadi. "Apalagi wilayah Kabupaten Bogor memiliki geografis yang rawan bencana, jadi tim reaksi cepat tidak boleh lengah," ungkapnya.

Menurutnya, masyarakat juga dihimbau untuk waspada bencana dan mengenali penyebabnya. "Bencana ada tiga faktor, disebabkan oleh faktor alam, faktor non alam, dan faktor sosial maupun faktor manusia itu sendiri" katanya.

Bencana alam, lanjutnya, disebabkan faktor alam seperti gunung meletus banjir, kekeringan, longsor dan angin kencang yang menimbulkan korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda serta dampak psikologis bagi korban.

"Bencana non alam berupa serangkaian peristiwa seperti gagal teknologi, gagal modernisasi, epidemi, dan wabah penyakit. Sedangkan bencana sosial merupakan serangkaian peristiwa akibat konflik sosial atau antar warga maupun teroris," jelas dia. (Kris) 



Diberdayakan oleh Blogger.