header_ads

Linguaphone.id

Publikasi Setda Kabupaten Bogor


Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor

“OPTIMALISASI PENINGKATAN KUALITAS
KEBIJAKAN BIDANG KESEJAHTERAAN RAKYAT"

Publikasi Kinerja Tahun 2016



  .
Menjadi Kabupaten Termaju di Indonesia merupakan visi yang ingin dicapai oleh Pemerintah Kabupaten Bogor periode 2013-2018. Untuk mencapai tujuan dan sasaran misi Kabupaten Bogor yang pertama yaitu meningkatkan kesalehan sosial dan kesejahteraan masyarakat, perlu dilakukan upaya strategis yang mendorong seluruh stakeholder dalam upaya peningkatan kesalehan sosial serta kesejahteraan rakyat agar masyarakat Kabupaten Bogor lebih sejahtera. 

Tahun 2016 merupakan tahun ketiga dalam upaya pencapaian visi Kabupaten Bogor periode Tahun 2013-2018. Sekretariat Daerah sebagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang memiliki tugas pokok membantu Bupati dalam menyusun kebijakan dan mengkoordinasikan SKPD dan lembaga lainnya, memiliki peran yang strategis dalam mendukung peningkatan kesejaheraan masyarakat. 




I. Langkah Strategis Meningkatkan Kesalehan Sosial melalui Optimalisasi Pengelolaan Pusat Dawah Islam (PUSDAI).  Pusat Dakwah Islam (PUSDAI) adalah pusat pengembangan Islam milik Pemerintah Kabupaten Bogor, yang dapat dimanfaatkan oleh Pemerintah Daerah maupun masyarakat.



Tujuan dikelolanya PUSDAI Kabupaten Bogor adalah : 
  1. Menyelenggarakan kegiatan pengembangan sumberdaya muslim melalui dakwah, pendidikan dan pelatihan; 
  2. Menyelenggarakan kegiatan pengkajian bagi pengembangan pemikiran dan wawasan Islami;
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengembangan seni budaya Islam;
  4. Menyelenggarakan kegiatan pengembangan masyarakat dan layanan sosial;
  5. Menyelenggarakan kegiatan pengembangan data dan informasi Islam;
  6. Menyelenggarakan kegiatan usaha dan pengembangan bisnis Islami;
  7. Mewujudkan tataruang lingkungan Pusat Dakwah Islam Kabupaten Bogor yang bernuansa Islami, Indah dan Nyaman.



Konsep Strategi Fungsional dalam upaya melaksanakan fungsi PUSDAI Kabupaten Bogor di Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Bidang Sosial dan Budaya, Bidang Informasi dan Komunikasi, serta Bidang Ekonomi dan Bisnis antara lain :



A. Strategi Fungsional Bidang Pendidikan dan Latihan

  1. Menyelenggarakan pelatihan bermutu guna peningkatan iman, takwa, ilmu dan keahlian umat;
  2. Menyelenggarakan pendidikan non formal bermutu dalam berbagai bidang bagi umat;
  3. Menyelenggarakan kajian tentang berbagai topik menarik (tekstual dan aktual) dan urgen bagi pengembangan pemikiran dan wawasan keislaman.


B. Strategi Fungsional Bidang Sosial dan Budaya

  1. Menyelenggarakan berbagai upaya untuk mewujudkan masyarakat yang bertakwa, berdaya dan mandiri melalui pendekatan sosial keagamaan, sosial budaya dan sosial ekonomi masyarakat;
  2. Mengembangkan seni budaya Islami;
  3. Mewujudkan program pemberdayaan masyarakat, khususnya melalui pendekatan sosial ekonomi;
  4. Menyediakan berbagai bentuk layanan bimbingan, konsultasi dan advokasi bagi umat.



C. Strategi Fungsional Bidang Informasi dan Komunikasi

  1. Menyediakan perpustakaan lengkap, nyaman, dengan teknologi terkini dan pelayanan prima ;
  2. Menyediakan data dan informasi komprehensif tentang Islam yang disajikan dengan teknologi terkini, kemudahan akses dan layanan prima;
  3. Mewujudkan media penyiaran Dakwah Islam dengan jangkauan optimum yang dikelola secara profesional dan akuntabel;
  4. Menyelenggarakan penerbitan media Dakwah Islami yang bermutu.



D. Strategi Fungsional Bidang Ekonomi dan Bisnis

  1. Menyelenggarakan kegiatan bisnis Islami dengan memanfaatkan segala sarana yang tersedia guna menunjang kemandirian di bidang finansial;
  2. Mengembangkan jejaring bisnis Islami dan kegiatan pengembangan sumberdaya muslim melalui dakwah, pendidikan dan pelatihan.




II. Langkah Strategis Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat melalui Penyelenggaraan Kabupaten Sehat Kabupaten sehat adalah Pengembangan wilayah/kawasan sehat secara fisik, sosial dan budaya menuju Healthy Cities for Better Lifes. 


Tujuan Kabupaten Sehat adalah tercapainya kondisi Kabupaten untuk hidup dengan bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni dan bekerja bagi warganya dengan terlaksananya berbagai program-program kesehatan dan sektor lain, sehingga dapat meningkatkan sarana dan produktifitas dan perekonomian masyarakat.



Sasaran Kabupaten Sehat, antara lain :

  1. Terlaksananya program kesehatan dan sektor terkait yang sinkron dengan kebutuhan masyarakat, melalui perberdayaan forum yang disepakati masyarakat.
  2. Terbentuknya forum masyarakat yang mampu menjalin kerjasama antar masyarakat, pemerintah kabupaten dan pihak swasta, serta dapat menampung aspirasi masyarakat dan kebijakan pemerintah secara seimbang dan berkelanjutan dalam mewujutkan sinergi pembangunan yang baik.
  3. Terselenggaranya upaya peningkatan lingkungan fisik, sosial dan budaya serta perilaku dan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan secara adil, merata dan terjangkau dengan memaksimalkan seluruh potensi sumber daya di kabupaten tersebut secara mandiri.
  4. Terwujutnya kondisi yang kondusif bagi masyarakat untuk menigkatkan produktifitas dan ekonomi wilayah dan masyarakatnya sehingga mampu meningkatkan kehidupan dan penghidupan masyarakat menjadi lebih baik.


Sekretariat Daerah sebagai koordinator Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Bogor, mengkoordinasikan kebijakan dan langkah- langkah strategis dalam mewujudkan Kabupaten Sehat. Pada Tahun 2015 Kabupaten Bogor mendapatkan Penghargaan SWASTI SABA PADAPA yaitu penghargaan Kabupaten Sehat pada Tahap Pemantapan yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan. Pada Tahun 2016 diharapkan Kabupaten Bogor dapat mempertahankan penghargaan SWASTI SABA PADAPA serta mempersiapkan untuk dapat meraih penghargan SWASTI SABA WIWERDA (Tahap Pembinaan) Tahun 2017.



Adapun kebijakan yang dipersiapkan agar Kabupaten Bogor memperoleh penghargaan SWASTI SABA WIWERDA, antara lain :

  1. Penyelenggaraan Kabupaten Sehat diwujudkan dengan menyelenggarakan program yang menjadi permasalahan di Kabupaten Bogor, secara bertahap, dimulai kegiatan prioritas bagi masyarakat. Pada Tahun 2015 difokuskan hanya pada 21 Kecamatan. Untuk dapat memperoleh penghargaan SWASTI SABA WIWERDA maka Tahun 2016 difokuskan pada 40 kecamatan dan pada setiap kecamatan terdapat percontohan desa sehat.
  2. Pelaksanaan Kabupaten Sehat dilaksanakan dengan menempatkan masyarakat sebagai pelaku pembangunan dengan melalui pembentukan Forum yang disepakati oleh masyarakat, dengan dukungan pemerintah Kabupaten Bogor dan mendapatkan fasilitasi dari sektor terkait melalui program yang telah direncanakan.
  3. Kabupaten Bogor menetapkan kawasan potensial sebagai entry point“ yang dimulai dengan kegiatan sederhana yang disepakati masyarakat”, kemudian berkembang dalam suatu kawasan atau aspek yang lebih luas.
  4. Untuk meraih penghargaan SWASTI SABA WIWERDA Tahun 2017, Kabupaten Bogor memilih empat tatanan, yaitu : a. Kawasan Pemukiman, Sarana dan Prasarana Umum b. Kehidupan Masyarakat yang Mandiri c. Ketahanan Pangan dan Gizi d. Kawasan Pariwisata Sehat. Keempat tatanan tersebut merupakan kesepakatan bersama antara Tim Pembina Kabupaten Sehat dan Masyarakat melalui Forum, dan menjadi tanggungjawab bersama untuk mewujudkannya sesuai dengan indikator. Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Bersama antara Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan No. 34/2005 dan No. 1138/Menkes/PB/8/2005.
  5. Kebijakan lain yang diambil adalah menyiapkan langkah-langkah persiapan pada tahap berikutnya, agar Kabupaten Bogor pada pada Tahun 2019 dapat meraih penghargaan SWASTI SABA WISTARA
  6. Pelaksanaan kegiatan Kabupaten Sehat dibiayai dan dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor dan masyarakat dengan menggunakan mekanisme pendekatan konsep pemberdayaan masyarakat dari, oleh dan untuk masyarakat.
  7. Evaluasi kegiatan Kabupaten Sehat dilakukan oleh Forum dan Pokja Kabupaten Sehat bersama-sama dengan Pemerintah Kabupaten Bogor, LSM, perguruan tinggi, media massa selaku pelaku pembangunan.


Sedangkan langkah-langkah strategis yang dipersiapkan agar Kabupaten Bogor memperoleh penghargaan SWASTI SABA WIWERDA, antara lain:

  1. Melibatkan semua potensi yang ada di masyarakat dalam forum kecamatan & pokja di desa, sebagai penggerak kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan.
  2. Forum didampingi oleh SKPD terkait dan Stakeholder lainnya sesuai dengan potensi kawasan sehat.
  3. Mengembangkan kegiatan Kabupaten Sehat yang sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Bogor yaitu Terwujudnya Kabupaten Bogor menjadi Kabupaten Termaju di Indonesia.
  4. Mengembangkan informasi dan promosi yang tepat sesuai dengan kondisi. Meningkatkan potensi ekonomi Kabupaten Bogor dengan kegiatan yang menjadi kesepakatan masyarakat.
  5. Menjalin kerjasama antara forum Kabupaten yang melaksanakan program Kabupaten Sehat.



Diberdayakan oleh Blogger.