header_ads

Linguaphone.id

Menpan RB Kunjungi Kantor Imigrasi Bogor

 

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) RI Yuddy Chrisnandi meminta pimpinan Kantor Imigrasi (Kanim) Bogor membuat inovasi baru. 

Hal ini untuk memberikan rasa nyaman dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang mengurus paspor. Hal tersebut diungkapkan Yuddy usai melakukan sidak di Kantor Imigrasi Bogor, Jumat (10/6). 

Menurut Yuddy, perlunya inovasi itu mengingat keterbatasan tempat dan banyaknya masyarakat yang datang. “Hari jumat saja kami lihat begitu banyak orang yang datang kesini,” ujar Yuddy. “Dan ini perlu dilakukan terobosan-terobosan bagaimana mengurangi antrian para pemohon,” imbuhnya. 

Upaya terobosan tersebut sambungnya, bisa dilakukan dengan memberlakukan jam kerja lebih pagi seperti yang dilakukan di Kanim Jakarta Selatan sehingga bisa lebih banyak yang dilayani. Sistem jemput bola juga memungkinkan. “Atau bisa juga seperti di Surabaya dengan membuka Unit Pelayanan Terpadu (UPT) umum di mall,” sebut Yuddy. Inovasi-inovasi itu perlu dilakukan hanya perlu dilaporkan ke Dirjen Imigrasi. 

Yuddy menilai secara umum pelayanan yang diberikan Kanim Bogor sudah baik. Terbukti dari respon positif yang diberikan warga yang tengah mengantri. “Jadi dari sisi pelayanannya Imigrasi Bogor sudah profesional. Tinggal bagaimana lebih meningkatkan pelayanannya,” terang Yuddy sambil menjelaskan bahwa Safari Ramadhan ini dalam rangka penegakan disiplin pegawai dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Tampak hadir dalam sidak tersebut Sekretaris Daerah Kota Bogor Ade Sarip Hidayat. (erick)
Diberdayakan oleh Blogger.