header_ads

Lebaran.id

Kementrian LHK Awasi Kontes Burung Berkicau


KEMENTRIAN LHK MENGKAJI DAN MENGAWASI KONTES BURUNG BERKICAU. 
Guna mengantisipasi kepunahan burung Jalak Putih dan terganggunya ekosistem dalam habitatnya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) melepas hewan di lindungi tersebut bertempat di Taman Safari Indonesia Cisarua, Sabtu, (11/6). 

Dalam kesempatan ini pula, Menteri LHK Siti Nurbaya menyampaikan bahwa pihaknya tengah melakukan pengawasan terhadap setiap aktifitas  Kontes Burung Berkicau di seluruh Indonesia agar tidak mengganggu ekosistem.  

"Burung - burung yang dikonteskan di sinyalir berasal dari tangkapan alam. Kita terus mengkaji untuk mengantisipasi habitat burung di alam bebas tetap tejaga, terutama kelestarian ekosistem alam perlu dipertahankan" ujarnya.

Dilokasi yang sama, Dirut TSI Cisarua, Tony Sumampouw mendukung langkah Kementrian LHK untuk mengantisipasi burung - burung yang di konteskan berasal dari hasil tangkaran. "Apalagi kontes burung berkicau cukup diminati para penggemarnya di berbagai wilayah Tanah Air," ucapnya. 

Untuk diketahui, jenis burung yang dikonteskan adalah Muray Batu, Anis Merah, Kacer, Cucak Ijo, Cucak Jenggot, Love Bird, Kenari, Ciblek, Pentet dan Pleci. Sedangkan, sejumlah jenis burung yang di konteskan berasal dari para pedagang burung yang diduga berasal dari tangkapan liar. 

Sementara jenis burung yang berasal dari penangkaran, seperti Love Bird dan Kenari yang sudah berasal dari tangkaran, termasuk Muray Batu dan Kacer. (cj) 

Diberdayakan oleh Blogger.