Header Ads

Jawa Barat Segera Miliki Replika Museum Nabi


REPLIKA MUSEUM NABI AKAN HADIR DI JAWA BARAT 
Provinsi Jawa Barat terpilih menjadi salah satu dari 30 lokasi di dunia yang akan dijadikan lokasi replika museum Nabi Muhammad yang terletak di Makkah. 
Rencana itu terungkap dalam studi banding rombongan Pempov Jabar yang dipimpin oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Setda Jabar Prof Denny Juanda Puradimadj ke Museum Assalamualaika Ayyuhan Nabi di Mekkah, Selasa (7/6/16). 
Rombongan diterima langsung oleh Kepala dan Pembina Museum Assalamualaika Ayyuhan Nabi Dr Naser Bin Musfir Alzahrani dan Direktur Eksekutif Museum Assalamualaikan Ayyuhan Nabi, Khalid Kamal. Kedua pihak sepakat untuk mengembangkan cabang di Provinsi Jabar berupa replika museum yang ada di Mekkah.
Menyikapi ini, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan rencana pembangunan replika museum tersebut sudah menjadi komitmen Provinsi Jabar dalam menyajikan informasi utuh terkait Islam kepada warganya.
"Kehadiran replika museum itu akan menjadi salah satu upaya memperkaya pemahaman warga tentang Islam dan Nabi Muhammad. Jika sudah memahami secara utuh, maka tidak akan ada penyimpangan mainstream yang selama ini mengganggu ketentraman dan kondusifitas,'' harapnya. 


Rencanannya, lanjutnya, biaya yang disiapkan untuk membangun masjid terapung dan museum di Gedebage mencapai Rp 500 miliar. Sedangkan ntuk mewujudkan replika museum Nabi Muhammad dibutuhkan lahan seluas 2,5 hektare. 
"Melalui museum dan replika museum itu, imbuh dia, akan disajikan informasi dalam bentuk audio dan visual tentang sejarah alam, Nabi Muhammad dan Islam secara utuh. Dengan demikian, tutur dia, masyarakat akan mengetahui Islam secara kaffah," jelasnya. (als)



Diberdayakan oleh Blogger.