Header Ads

Hari Lansia 2016


Bertepatan di Hari Lanjut Usia (HALUN) Tahun 2016 Kementerian Kesehatan RI dan Pemerintah Kabupaten Bogor meluncurkan Rencana Aksi Nasional Kesehatan Lanjut Usia, untuk membina dan memperdayakan para Lansia di Kabupaten Bogor yang dilakukan di Gedung Tegar Beriman, Rabu (1/6).

Menteri Kesehatan RI, Nila Farid Moeloek mengatakan, Rencana Aksi Nasional Kesehatan Lansia ini dilakukan untuk memperdayakan Lansia Masyarakat melalui pembentukan dan pembinaan melalui pembentukan dan pembinaan Lasia melalui Posyandu Lansia atau Pospindu Lansia. Penanganan Kesehatan merupakan faktor utama untuk meningkatkan produktifitas dan pemberdayaan kelompok Pra Lansia dan Lansia tersebut.

Bupati Bogor Nurhayanti mengatakan, terbentuknya  15 puskesmas santun lansia, peningkatan sdm petugas pelayanan kesehatan yang dilatih geriatri setiap tahunnya sebagai upaya  meningkatkan kompetensi petugas dalam memberikan pelayanan kesehatan terhadap lansia. Selain itu memberikan pelayanan dalam gedung, dan pelayanan luar gedung seperti Posbindu dan PTM, melakukan kunjungan ke panti wreda dan kunjungan  rumah bagi lansia yang resiko tinggi.

“Untuk mendukung kesehatan lansia, pemerintah kabupaten bogor juga terus berupaya meningkatkan jumlah rumah yang sehat dan layak huni melalui program rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH). sampai dengan tahun 2015 sudah terealisasi 41.578 unit. pada tahun 2016 ini ditargetkan kembali sejumlah 15.000 unit rtlh akan direhabilitasi. sehingga mudah-mudahan pada tahun 2018 nanti rtlh yang dapat direhabilitasi akan memenuhi capaian target yang ditetapkan dalam rpjmd yaitu sejumlah 83.982 unit,” paparny. (dwitama) 


Diberdayakan oleh Blogger.