header_ads

Wayang Golek Dan Reog Calung Meriahkan HJB Ke-534


DISKOMINFO MENYAMPAIKAN KEBIJAKAN PEMERINTAH MELALUI PAGELARAN SENI BUDAYA SUNDA 
Menyambut Hari Jadi Bogor (HJB) ke-534 Kabupaten Bogor, Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Bogor menggelar Diseminasi Informasi Melalui Media Tradisional Pagelaran Wayang Golek dan Calung/Reog Tahun 2016. 

Kepala Bidang KIP, Erwin Suriana mengatakan pagelaran wayang golek, calung dan Reog dipersembahkan kepada masyarakat luas melalui program tahunan Diskominfo Kabupaten Bogor dalam rangka menyosialisasikan kebijakan - kebijakan dari Pemerintah Kabupaten Bogor dengan metode penyampaian seni budaya. 

"Dalang dan pemain calung tidak hanya menghibur melalui pagelaran seni dan budaya ini, melainkan pula lakon dan keseniannya disisipkan pesan - pesan  25 penciri Kabupaten Bogor Termaju di Indonesia," paparnya, Sabtu (28/5) malam, di halaman kantor Diskominfo Kabupaten Bogor. 

Tak hanya itu, lanjut dia, pageralan seni budaya ini juga menyampaikan pesan kepada masyarakat terhadap bahaya penyalahgunaan narkoba, kekerasan dalam rumah tangga, keamanan lingkungan dan ketertiban umum, serta pesan kebijakan Pemerintah yang tengah digencarkan.

Dirinya berharap dengan adanya pagelaran seni budaya Sunda ini dapat turut melestarikan kesenian dan kebudayaan leluhur serta pemahaman kepada masyarakat terkait hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai Warga Negara Indonesia yang bermukim di wilayah Bumi Tegar Beriman. 

Untuk diketahui, pagelaran wayang golek menampilkan lakon Badra Lewo oleh Ki Dalang Den Gala, dan hiburan calung dan Reog dari Sanggar Bentang Katresna pimpinan Agus Beben. Acara ini juga di gelar di wilayah Kecamatan Cibinong, Cariu, Tenjolaya, dan Rancabungur dihadiri para undangan yang terdiri dari seniman, budayawan, Muspika setempat dan masyarakat. (zis) 




Diberdayakan oleh Blogger.