header_ads

Linguaphone.id

Waspada Penyakit Musim Pancaroba

Sebanyak 192.820 warga Kecamatan Sukaraja dihimbau waspada terhadap penyakit musim pancaroba (pergantian musim dengan perubahan cuaca ekstrim), diantaranya Demam, Flu, Berdarah Dengue maupun infeksi saluran pernafasan. 

Kepala UPT Puskesmas Wilayah Kecamatan Sukaraja, dr.Lydia Marturia menyarankan kepada masyarakat luas untuk tetap waspada terhadap gejala penyakit yang biasa menjangkit di pergantian musim. "Langkah efektif adalah setiap rumah tangga menerapkan pola hidup bersih dan sehat yang didalamnya mencakup banyak aspek kehidupan yang sehat. "Diantaranya memantau jentk nyamuk lalu menguras bak mandi dan membersihkan lingkungan rumah dan sekitarnya," himbaunya. 

Dirinya mengungkapkan hingga saat ini tercatat warga yang berobat di Puskesmas ini sebagian besar mengeluh sakit demam, flu, sakit kepala yang disebabkan faktor menurunnya daya tahan tubuh dan faktor cuaca ekstrim. "Data bulan Januari dan Februari 2016 juga tercatat banyak yang menderita gejala demam berdarah dan ISPA. Nah untuk saat ini perlu diwaspadai DBD dan ISPA juga," jelasnya, Senin (16/5) 

Terpisah, warga Cimandala Rw 01, Suheri mengatakan tidak sedikit warga disekitar rumahnya yang terserang flu, batuk, demam. "Ada yang berobat di Puskesmas dan ada pula yang hanya minum obat warung. Kalau nyamuk memang sudah mulai banyak disini sehingga perlu antisipasi fogging," ungkapnya. (als)




Diberdayakan oleh Blogger.