header_ads

LPM Cimandala Desak Pembentukan BUMDes


LPM CIMANDALA DESAK PEMBENTUKAN BUMDES. 
Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPM) didukung oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) mendesak percepatan pembentukan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Cimandala, Kecamatan Sukaraja pada tahun ini. 
Menyikapi ini, Kepala Desa Cimandala Soedarjanto mengungkapkan pihaknya dipastikan akan duduk bersama unsur LPM dan BPD serta unsur Babinsa dan Binmas yang ada di Desa Cimandala untuk merumuskan konsep Bumdes. Konsep tersebut sudah disusun dalam bentuk draft sehingga perlu dibahas lebih lanjut dan menunggu arahan dan bimbingan secara teknis dari BPMPD Kabupaten Bogor. 
"Tahun ini konsepnya akan kita rampung untuk kemudian Kita tinggal mengurus badan hukumnya Tahun 2017 mendatang," harapnya, Kamis (19/5) 
Terpisah, Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) telah memberikan bimbingan teknis kepada seluruh Pemerintah Desa yang telah memiliki Bumdes. 
Kepala Sub Bidang Pemberdayaan Perekonomian Desa, Etin Mariatin menegaskan bagi Pemerintah Desa yang belum memiliki Bumdes hendaknya segera melakukan perumusan dan mengurus badan hukumnya, sedangkan BPMPD akan memberikan fasilitas dan pembinaan.
"Bumdes bertujuan agar masyarakat desa agar semakin sejahtera melalui pengelolaan sumber dana dan potensi yang ada di desa tersebut. Melalui Bumdes dapat mengelola dana desa sesuai kebutuhan wilayah di masing - masing desa, sebab itu perlunya bagi setiap desa untuk membantu pembangunan berkelanjutan pada sektor pembangunan infrastruktur dan perekonomian desa," jelasnya. 
Menurutnya, keberadaan Bumdes ini berdasarkan Peraturan Menteri Desa (Permendesa) Nomor 4 Tahun 2015. Pendirian BUMDes disepakati melalui musyawarah desa yang diatur  dalam Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Sedangkan BPMPD Kabupaten Bogor memfasilitasi dan memberikan bimbingan teknis. (als)


Diberdayakan oleh Blogger.