header_ads

Linguaphone.id

Sertifikasi Lulusan SMK Jawa Barat

Jabar Akan Sertifikasi Lulusan SMK 

Pada tahun 2017 mendatang, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) akan beralih pengelolaannya dari pemerintah kota/pemerintah kabupaten ke pemerintah provinsi. Bersamaan dengan program tersebut Pemerintah Provinsi Jawa Barat pun berinisiatif untuk melakukan sertifikasi terhadap semua lulusan SMK di seluruh Jawa Barat sesuai dengan jurusan atau kejuruannya.

Usai menjalani Sensus Ekonomi 2016 di Gedung Pakuan, Jl. Otto Iskandardinata No. 1, Kota Bandung pada Minggu pagi (1/5/2016), Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengungkapkan bahwa pihaknya akan bekerjasama dengan beberapa lembaga sertifikasi untuk program tersebut, sehingga nantinya setelah lulus para siswa/i SMK di Jawa Barat akan memiliki sertifikat keahlian yang disesuaikan dengan kejuruan yang diambilnya ketika bersekolah di SMK.

“Kita akan membuat program – jadi SMK itu selain nanti mengeluarkan ijazah, Surat Tanda Tamat Belajar bagi siswanya, SMK juga akan direkayasa, di-engineering oleh kita dengan baik, dan didesain dengan baik agar SMK kita juga akan mengeluarkan sertifikasi. Jadi ga harus masuk BLK (Balai Latihan Kerja) untuk mendapatkan sertifikasi,” kata Aher.

Aher pun mengatakan pihaknya kini tengah menjajaki kerjasama dengan banyak lembaga sertifikasi. Hal ini diperlukan karena banyaknya jumlah siswa/i SMK di Jawa Barat yang mencapai 300 ribu siswa/i. Diharapkan dengan adanya sertifikasi langsung ini akan semakin meningkatkan kompetensi serta kualitas para lulusan SMK di Jawa Barat. (red)
Diberdayakan oleh Blogger.