header_ads

Linguaphone.id

drh. M. Toif Hidayatullah, Nominator Pengawas Kesmavet Terbaik Nasional Tahun 2016

drh. M. Toif Hidayatullah, Medik Veteriner Muda

Pegawai Disnakan Menjadi Nominator Pengawas Kesmavet Terbaik Nasional. Selain Rumah Potong Hewan, (Rumah Potong Hewan Ruminansia (RPH-R) Cibinong Berkompetisi di Tingkat Nasional) tahun ini Provinsi Jawa Barat juga mempercayakan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor untuk mengikuti Penilaian Pengawas Kesmavet Terbaik Nasional. 

Adalah M. Toif Hidayatullah; dokter hewan yang sekaligus menjabat sebagai Medik Veteriner Muda dipercayakan untuk mewakili Jawa Barat dalam penilaian ini. Konsep pengawasan yang dijalankan oleh Pengawas Kesmavet Kabupaten Bogor adalah Safe from Farm to Table. Dengan demikian untuk menjamin pangan asal hewan yang Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH) semua lini mulai dari pemanenan sampai distribusi ke tangan konsumen perlu diawasi. 

Pada saat proses seleksi di hadapan Tim Penilai (9/5), Toif mengutarakan dalam presentasinya bahwa tantangan pengawasan kesmavet (kesehatan masyarakat veteriner) di Kabupaten Bogor cukup besar. Tantangan tersebut antara lain besarnya target pengawasan peredaran produk hewan dan potensi unit usaha wajib NKV mengingat Bogor sebagai penyangga ibukota. “Selain itu masih seringnya ditemukan kasus pemalsuan produk hewan seperti baso celeng, ayam tiren, ayam formalin dan daging oplosan serta luas wilayah dan karakteristik pengawasan setiap zona di Kabupaten Bogor yang cukup beragam merupakan tantangan tersendiri dalam pengawasan” ujar lulusan FKH-IPB 2006 ini.

Implementasi Kegiatan Pengawasan Kesmavet dalam Program/Kegiatan Dinas Peternakan Kabupaten Bogor tertuang dalam 2 (dua) kegiatan Pengawasan dan Pemeriksaan Pangan Asal Hewan / Hasil Pangan Asal Hewan PAH/HPAH, dimana Sub kegiatan meliputi Pembinaan dan Pengawasan Nomor Kontrol Veteriner (NKV); Pengawasan Pemotongan Hewan di RPH-R/TPH/ RPHU/TPU; Pengawasan Produk Hewan (PH) dan Produk Hewan Non Pangan (PHNP); Pemeriksaan Sampel Bahan Pangan Asal Hewan; Pembinaan Peternak Sapi Perah; Pengamanan Hewan Qurban Hari Raya Idul Adha. 

Sedangkan Kegiatan Sosialisasi Keamanan Pangan dengan Sub kegiatan meliputi Pelaksanaan Sosialisasi Keamanan Pangan Tingkat Konsumen dan Tingkat Produsen (Pedagang Produk Hewan di Pasar Tradisional); Pelaksanaan Bimbingan Teknis Petugas lapang Puskeswankan 

Mengingat besarnya cakupan dan sasaran pengawasan kesmavet, pria yang telah banyak mengikuti pelatihan kesmavet baik tingkat nasional maupun internasional ini dalam kegiatan pengawasannya melakukan optimalisasi petugas lapang UPT Puskeswankan di  tiap wilayah (internal) dan optimalisasi jejaring keamanan pangan bekerjasama dengan lembaga/instansi terkait (eksternal). RED
Diberdayakan oleh Blogger.