header_ads

Linguaphone.id

Bank Sampah Bogor Asri Membawa Berkah

Bank Sampah Membawa Keberkahan Warga

Keberadaan Bank Sampah Sumber Rejeki Bogor Asri yang terletak di lingkungan Rw 11 Kelurahan Nanggewer membawa berkah tersendiri bagi warga sekitar. Sampah daur ulang dikelola menjadi hasil kerjinan tangan yang memiliki nilai ekonomi.

Wakil Ketua Bank Sampah Sumber Rejeki Bogor Asri, Khoeriyah mengaku sudah dua tahun terakhir warga Rw 11 Kelurahan Nanggewer diberikan pendampingan pengelolaan Bank Sampah oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Bogor.

"Semula ibu - ibu disini pesimis untuk memilah sampah dan mengolahnya menjadi kerajinan tangan dan pupuk organik. Sebab, saat itu belum memiliki wawasan yang cukup. Kini kita sudah memasarkan kerjainan tangan berupa tempat pencil, goody bag, keranjang minuman, topi, vas bunga, tas cantik, tong sampah, piring, beragam souvenir," ungkapnya.

Dirinya mengatakan sejak diberikan pendampingan dari BLH Kabupaten Bogor ternyata warga disini mulai menyadari arti penting kelestarian lingkungan permukiman melalui pengelolaan Bank Sampah.

"Bahkan pada tahun 2015, BLH Kabupaten Bogor kembali memberikan pendampingan untuk menggiatkan program Kampung/Rw Ramah Lingkungan. Saat ini sudah bergabung sebanyak 32 ibu - ibu yang mampu memilah sampah organik dan non organik serta mengolahnya menjadi pupuk cair organik dan kerajinan tangan dari sampah rumah tangga," papar dia. (Dwitama)

Diberdayakan oleh Blogger.