header_ads

Warga Tugu Selatan Inovasi Mesin Pencacah Sampah

Warga Tugu Selatan Inovasi Mesin Pencacah Sampah 

Sampah rumah tangga masih menjadi persoalan lingkungan hidup. Tidak demikian bagi warga Desa Tugu Selatan Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor. 

Pasalnya sekelompok warga peduli lingkungan yang aktif mengelola sampah organik dan organik sejak tahun 2012 ini sudah mampu menciptakan sebuah mesin pencacah sampah rumah tangga sisa daur ulang. 

Hal ini di utarakan Etin Maryatin selaku Kepala Sub Bidang Pemberdayaan Perekonomian Masyarakat pada Badan Pemberdaan Masyarakat Dan Pemerintahanb Desa (BPMPD) Kabupaten Bogor, Rabu (13/4/2016) sore diruang kerjanya.  

"Mereka menggunakan bekas mesin parut kelapa yang di modifikasi sedemikian rupa yang berfungsi sebagai alat pencacah sampah. Alatnya sederhana tapi teknologinya patut dikembangkan maka itu BPMPD memberikan pendampingan untuk mengurus hak patennya," kata Etin usai survey ke lokasi bank sampah Tugu Selatan, pagi.  

Saat ini pihak BPMPD Kabupaten Bogor, lanjut Etin, sedang menyusun perencanaan teknologi tepat guna berupa hak paten mesin pencacah dan persiapan untuk dipamerkan dalam even tahunan Teknologi Tepat Guna yang akan digelar oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada bulan Mei mendatang. "Ini kebanggaan kita karena warga kita mampu berinovasi dengan teknologi tepat guna yang selama ini kita arahkan," imbuhnya. (bili)
Diberdayakan oleh Blogger.