header_ads

Linguaphone.id

Saluran Air Jadi Tempat Sampah

Saluran Air Tempat Tumpukan Sampah 

Puluhan aparat kelurahan bersama jajaran Kapolsek dan Danramil se-Kecamatan Tanah Sareal mengangkat tumpukan sampah yang menyumbat aliran tersier sungai Cipakancilan. Dengan dibantu pasukan kuning dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Bogor, diharapkan sampah yang menggunung tidak lagi menyumbat saluran air.

Camat Tanah Sareal Taufik yang memimpin langsung kegiatan ini mengungkapkan Jumsih hari ini sengaja di fokuskan di RT 01/08 Kelurahan Kedung Badak. Hal ini dilakukan untuk membersihkan sampah yang menyumbat saluran tersier Cipakancilan. Sumbatan sampah menyebabkan meluapnya air pada saat hujan turun. ‘’Hari ini akan kami angkat sampahnya agar tidak menyumbat saluran air sehingga pada saat turun hujan airnya tidak meluap dan menggenangi wilayah sekitarnya,’’ ujar Taufik. ‘’Sampah ini sudah terlalu banyak dan tidak mungkin bisa terangkat dalam 1 hari apabila dibersihkan secara manual,’’ imbuhnya. 

Dirinya menambahkan, menumpuknya sampah di lokasi ini diakibatkan masyarakat yang berada di hulu membuang sampah ke sungai Cipakancilan sehingga pada saat hujan deras sampah ini terbawa dan tertahan oleh besi penyaring di lorong Underpass  Jl. Soleh Iskandar. ‘’Karena sampah itu tak bisa menembus penyaring menumpuklah disini dan menyumbat aliran sungai,’’ jelas Taufik. Sebelumnya pihaknya juga sudah melakukan pembongkaran lorong di seberang jalan dengan tujuan agar air bisa mengalir dan tidak meluap di sekitar daerah ini. (red)

Diberdayakan oleh Blogger.