header_ads

Linguaphone.id

UNBK Jujur Bertanggung Jawab

Ujian Nasional Berlaku Jujur Bertanggung Jawab 

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengungkapkan bahwa Ujian Nasional (UN) merupakan salah satu proses ujian bagi para siswa untuk berlaku jujur dan bertanggung jawab. 

Dengan mengerjakan UN secara jujur, maka dapat membentuk karakter siswa yang memiliki integritas tinggi. Hal tersebut diungkapkannya saat meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMAN 8, SMKN 3, SMKN 4, dan SMKN 8 Kota Bandung, Senin (4/4/2016). 

Menurutnya, nilai akademis yang tinggi tidak memiliki peran untuk membangun kejujuran para siswa, karena soal-soal UN dapat diulang setelah ujian selesai, sedangkan kejujuran saat menjawab soal-soal ujian hanya diterapkan saat itu juga. “Soal-soal UN itu selesai ujian bisa dipelajari lagi, tapi integritas dalam menghadapi situasi seperti ini adalah pendidikan yang sebenarnya”, paparnya. 

Disinggung terkait penerapan Ujian Nasional Berbasis Komputer, Deddy mengutarakan bahwa menurutnya penggunaan komputer dinilai lebih efisien dan hemat dana dibanding ujian menggunakan kertas dan pensil. "Saya berharap seluruh SMA dan SMK di Jawa Barat dapat 100% menerapkan UNBK pada saat alih kelola SMA dan SMK ke tangan Pemerintah Provinsi, tahun 2017 mendatang," harapnya. (red)
Diberdayakan oleh Blogger.