header_ads

Linguaphone.id

TPS 3R Hasilkan Gas Methan Tenaga Listrik

TPS 3R Anugerah Hasilkan Gas Methan dan Tenaga Listrik 

TPS 3R Anugerah sudah menghasilkan biogas dan tenaga listrik. Sementara ini pengoperasian TPS masih dalam taraf uji coba. Tetapi hal diatas membuktikan bahwa TPS tersebut  layak untuk segera dioperasionalkan.

Lurah Tanah Baru, Sihabudin di ruang kerjanya, Selasa (26/4/2016) mengungkapkan, TPS 3R Anugerah dibangun sekitar pertengahan 2015. TPS 3R ini berdiri di atas tanah fasum milik warga RW 01 dengan luas lahan 500 meter. Pembangunannya menghabiskan dana kurang lebih 500 juta yang bersumber dari bantuan Provinsi Jawa Barat. Karena belum diresmikan maka pengoperasiannya belum dapat dilakukan secara optimal.

Saat ini sambung Sihabudin, karena lokasi TPS 3R berdekatan dengan SMK Negeri 2 dan SMK Bina Warga, maka TPS 3R mengolah sampah dari dua sekolah tersebut. Tenaga pengelolanya pun melibatkan guru dari pihak sekolah dan pengurus dari RW 09. “Sekarang sampah warga RW 09 pun diolah di TPS ini,” ujar Sihabudin. “Dari sampah SMK 2 dan warga RW 09 yang diolah sekarang TPS 3R Anugerah sudah bisa menghasilkan pupuk cair, kompos, gas methan dan tenaga listrik,” lanjutnya.

Sihabudin menambahkan, untuk biaya operasional TPS 3R, pihak pengelola memanfaatkan hasil dari iuran retribusi sampah, penjualan pupuk dan limbah plastik. Bila dibandingkan dengan keseluruhan biaya operasional, jumlah pemasukan yang diterima ini belum seimbang. Pengelola masih membutuhkan dana dari sektor lainnya.

Kedepan, pihaknya berharap TPS 3R bisa terus berkembang dan maju. Kalau sudah maju ia berencana untuk mengajukan TPS 3R berikutnya disamping TPS yang sudah ada. “Karena lahannya masih luas dan warga sangat membutuhkan, kami akan coba mengajukan untuk membangun TPS 3R berikutnya,” harap Sihabudin. (als)
Diberdayakan oleh Blogger.