header_ads

Linguaphone.id

Switching Vaksin Polio Setiap Puskesmas

Switching di Puskesmas da Rumah Sakit

Setiap RSUD, RS Swata, Puskesmas, Rumah Bersalin, Praktek Mandiri, Balai Pengobatan swasta wajib melakukan pendataan pelayanan imunisasi. Tak terkecuali Puskesmas Sukaraja. 

Kepala Puskesmas Sukaraja, dr. Lidya mengaku mendapat arahan langsung dari Dinkes Kabupaten Bogor untuk melanjutkan program Pekan Imunisasi Nasional (PIN) berupa kegiatan tahap kedua, yakni Eradikasi Polio Global.  

Menurut dr. Lidya kegiatan ini melalui pendataan seluruh vaksin trivalen yang masih ada di wilayah kerjanya. "Setelah tahap Pertama PIN, dilanjutkan tahap Swicthing  (pergantian Trivalent vaksin polio oral menjadi Bivalent polio oral mulai sejak 4 April 2016 ini," jelasnya, , Selasa (19/4) siang.

Pihaknya mendata seluruh vaksin trivalen yang masih ada di wilayah kerjanya kemudian menarik vaksin lama dari peredaran dan tidak boleh digunakan, karena harus diganti dengan vaksin Bivalen yang jumlah vaksinnya sebanyak yang ditarik dari peredaran melalui berita acara penarikan. "Kita upayakan pergantian Trivalent vaksin polio oral menjadi Bivalent polio oral segera tuntas pada bulan ini," imbuh dr. Lidya melalui pesan singkat. (bili)

Diberdayakan oleh Blogger.