header_ads

Menggagas Masa Depan Cibinong Raya Melalui Transit Oriented Development Dan Situ Front City

Pemerintah Kabupaten Bogor menggagas Masa Depan Cibinong Raya melalui TOD dan Situ Front City. Terdapat beberapa TOD yang akan dikembangkan yaitu TOD Susukan dan Pabuaran, TOD Gunung Putri, TOD Sentul Sirkuit dan TOD Cibanon. Sebagai langkah awal dalam merancang penataan kota Cibinong Raya dengan konsep Situ Front City.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bogor, Dr. Ir. Hj. Syarifah Sofiah, M. Si mengatakan Transit Oriented Development (TOD) telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor untuk mengatasi transportasi.  

Dr.Ir.Hj.Syarifah Sofiah,M.Si
Salah satunya dengan mengembangkan konsep Transit Oriented Development (TOD). TOD merupakan pola pembangunan tata kota yang terintegrasi antara kawasan perumahan dengan kawasan komersial dengan memaksimalkan akses ke transportasi umum.

Dengan demikian perjalanan akan didominasi dengan menggunakan angkutan umum yang terhubungkan langsung dengan tujuan perjalanan. Terdapat beberapa TOD yang akan dikembangkan yaitu TOD Susukan dan Pabuaran, TOD Gunung Putri, TOD Sentul Sirkuit dan TOD Cibanon. 

Situ Front City merupakan konsep strategi pembentukan identitas daerah untuk memperkuat citra dan karakter kota Cibinong Raya dengan poros atau arah orientasi waterfront (Situ front). Dalam konsep ini, situ akan dikembangkan sebagai jantung kota (the heart of the city) dimana layout kota akan berorientasi situ. Kawasan aplikasi konsep Situ Front Cityakan berperan sebagai pusat ruang terbuka hijau, pusat kegiatan outdoormasyarakat (public open space), area pengembangan sarana rekreasi dan wisata, serta area fasilitas infrastruktur publik. 

Sebagai langkah awal dalam merancang penataan kota Cibinong Raya dengan konsep Situ Front City, akhir tahun 2015 Bappeda telah melaksanakan Lomba Desain Penataan Kawasan Situ Pemda, Situ Kabantenan, dan Situ Cikaret dengan menonjolkan potensi alam, budaya, maupun pengembangan bisnis di Cibinong Raya.  (Adv)

15/4/2016
15/5/2016
Diberdayakan oleh Blogger.