header_ads

Seminar Parenting Cegah Penyimpang LGBT

Seminar Parenting Cegah Penyimpang LGBT 

Upaya mencegah terjadinya perilaku menyimpang pada anak remaja Lembaga Pendidikan Bintang Pelajar menggelar seminar parenting Sabtu (16/4) di Hotel Permata. Seminar parenting tersebut mengundang sekitar 300 orangtua siswa Bintang Pelajar se-Kota Bogor dengan pembicara psikiater Dr. dr Fidiansjah SpKJ, MPH. 

Walikota Bogor Bima Arya mengatakan, parenting merupakan satu isu yang seolah biasa, padahal merupakan inti dari semua pengetahuan dan kebijakan. Hal ini karena parenting berasal dari didikan orangtua kepada anak-anaknya. Sehingga orangtua harus juga peduli terhadap angka  perceraian, HIV, narkoba, tawuran yang sudah sangat tinggi di Kota Bogor. Orangtua jangan hanya memikirkan prestasi akademis tapi juga membangun karakter dan akhlak anak agar terhindar dari berbagai ancaman tersebut," paparnya. 

Sementara, Ketua Panitia Sulistyono mengatakan, isu LGBT saat ini marak di masyarakat dan menimbulkan pro kontra. Tak sampai disitu LGBT juga sudah mengarah ke remaja yang tentunya membuat kekhawatiran di setiap orangtua terhadap anak-anaknya. Mencegah hal tersebut seminar parenting ini perlu diadakan untuk mengenali dan mencegah perilaku menyimpang pada anak remaja sekaligus tips pencegahannya langsung dari Dr. dr Fidiansjah. Direktur Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza di Kementerian Kesehatan ini akan memberitahukan kepada orangtua kondisi dan prilaku LGBT pada anak. Sehingga dengan mengetahui lebih dini, orangtua bisa mengantisipasinya dengan solusi tepat dan cepat. 

Pembicara Seminar Parenting  Dr. dr Fidiansjah mengatakan, ada beberapa kiat dan upaya dalam pencegahan dan penanganan LGBT melalui langkah Promotif yakni promosi gaya hidup sehat, advokasi dan sosialisasi pro aktif yang dapat dilakukan melalui pendidikan, life skill maupun pendidikan seksual sesuai usia sedini mungkin dan sosialisasi parenting skill. Langkah ke dua adalah preventif berupa pola asuh dan keterampilan mengasuh anak, memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan anak dengan baik. (erick)
Diberdayakan oleh Blogger.