header_ads

PMI Kabupaten Bogor Bebersih Sungai Ciliwung

PMI Kabupaten Bogor Bebersih Sungai Ciliwung 

Guna meningaktkan kesadaran masyarakat peduli lingkungan dan memperingati Hari Bumi tahun 2016, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dalam hal ini Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bogor melakukan kegiatan kerja bakti membesihkan sungai ciliwung dari material sampah yang dapat menyebabkan bencana banjir, Sabtu (23/4/2016)

Wakil Ketua PMI Kabupaten Bogor, Jenal Safrudin menuturkan, kegiatan aksi bersih ini dilakukan untuk mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga, memelihara alam dan lingkungan dengan baik, serta mengkampanyekan agar masyarakat  tidak membuang sampah sembarangan.

“Kami telusuri sungai ciliwung mulai dari hulu sungai di karadenan  Kecamatan Cibinong dan finish di Unit Pengelolaan Sampah Sukahati Kecamatan Cibinong. Bertepatan dengan hari bumi ini, kami juga kampanyekan aksi tanggap bencana, harapan kegiatan ini bisa memberikan manfaat yang baik untuk lingkungan dan masyarakat Kabupaten Bogor,” paparnya.

Sementara, Wakil Ketua PMI Jabar Rukanda mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan PMI Kabupaten Bogor. Kegiatan aksi nyata ini menjadi langkah nyata untuk mengurangi resiko bencana dan perubahan iklim akibat global warming dan berkurangnya kepedulian masyarakat terhadap lingkungannya.

Ditempat yang sama, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Saftariani menegaskan, ini merupakan kerjasama yang sangat baik antara Pemkab Bogor, masyarakat dan para relawan untuk menyelamatkan bumi. Ia juga berharap kegiatan tersebut bisa menjadi motivator dalam menyebarkan virus positif terhadap daerah lain.

“Kami dukung besar aksi bersih-bersih ini, karena sampah bisa jadi bencana bila tidak dikelola dengan baik, dan sampah ini adalah musuh kita. Untuk itu himbau keseluruh masyarakat untuk tidak membuang sampah kebantaran kali, dan bisa mengendalikan sampah dengan optimal. Alam ini harus kita jaga karena manfaatnya sangat besar bagi manusia,” imbuhnya. (ICE)
Diberdayakan oleh Blogger.