header_ads

Linguaphone.id

Peran Humas Harus Ditingkatkan

Humas harus sebarkan informasi untuk citra positif 

Pemkab Bogor Ajak Puluhan Humas Se-Kabupaten Bogor Layani Masyarakat Tak Kenal Waktu, Cepat dan Profesional Dalam Memberikan Informasi. Pasalnya, Humas merupakan pelayan masyarakat dalam menyebarluaskan berbagai informasi kepada masyarakat luas. 

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Bogor, lakukan sharing, dialog interaktif dan bekali puluhan petugas humas se-Kabupaten Bogor. Mengenai cara penyebarluasan informasi yang cepat dan bagaimana menjalin kemitraan yang baik dengan media massa, di Aula Diskominfo Kabupaten Bogor, Selasa (12/4/2016).

Sekretaris Diskominfo Kabupaten Bogor, Kardenal mengatakan, diera keterbukaan informasi publik kecepatan, ketepatan dan keakuratan informasi dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat maupun media media massa menjadi tantangan bagi para petugas humas untuk bisa menjadi pelayan publik yang optimal dalam menyebarluaskan informasi melalui blusukan, untuk bisa mengetahui informasi apa saja yang dibutuhkan masyarakat.

“Saat ini eranya keterbukaan, kecepatan mengenai informasi yang aktual menjadi kebutuhan masyarakat. Untuk itu berbagai informasi berhak diberikan dan di sebarluaskan kepada seluruh masyarakat. Selain tatap muka, menjalin kemitraan maupun kerjasama dengan media massa, humas harus lebih cerdas, inovatif dan mampu mengikuti berbagai perkembangan teknologi informasi. Sehingga humas mampu memanfaatkan berbagai media mulai dari media massa, elektronik maupun media sosial dalam menyebarluaskan dan menciptakan citra positif kepada seluruh masyarakat,” papar Kardenal.

Ia juga menambahkan, kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kompetensi, kemampuan para humas se Kabupaten Bogor mulai dari humas tingkat Kabupaten hingga para humas di Kecamatan. “Humas merupakan garda terdepan dalam memberikan informasi kepada masyarakat, dengan terus membangun komunikasi baik formal maupun nonformal dengan media massa seluruh masyarakat, dan selalu bekerja realtime 24 jam dan intens melakukan blusukan yang merupakan ruh para petugas humas untuk meningkatkan kompetensi, kemampuan dan kepercayaan,” ujarnya.

Sementara itu, Aktivis Humas atau Anggota Divisi Riset dan Kompetensi BPP Perhumas, Emilia Bassar menuturkan, seiring dengan era keterbukaan informasi publik berkembang pula berkemabangnya era digital. Humas harus mampu menguasai berbagai isu yang terjadi dimasyarkat sehingga mampu membuat suasana kondusif dan mampu menyampaikan informasi dengan cepat kepada masyarakat.

“Humas harus bisa lebih cepat dari para citizen journalism dalam menyampaikan berbagai informasi, dengan beprinsip terhadap keakuratan data dan bisa memanfaatkan teknologi informasi seperti Facebook, tweeter, instagram dan lainnya, sehingga masyarkaat bisa terlayani dengan optimal sehingga kebutuhan masyarkat bisa dilayanai dimanapun dan kapanpun,” tegas Emilia.

Dengan itu, katanya melanjutkan, dengan peran humas yang profesional dan berkompeten maka akan membangun kepercayaan masyarakat, sehingga berbagai informasi baik sifatnya program, kegiatan pemerintah maupun berbagai kebijakan yang dibuat Pemkab Bogor yang disampaikan bisa menjadi informasi yang menarik dan menjadi kebutuhan masyarakat.

Ditempat yang sama, Salah satu humas Kecamatan Megamendung, Erni mengakui, kegiatan tersebut sangat bermanfaat untuk mengembangkan peran dan fungsi humas yang lebih baik. “Kami jadi lebih paham bagaimana menjadi humas yang kreatif, inovatif dan profesional dalam menyebarluaskan informasi kepada masyarakat dan bagaimana cara menjalin kemitraan dengan media massa, kami berharap kegiatan ini rutin diselenggarakan apalagi dengan konsep talkshow karena memudahkan pemahaman kami,” tukasnya.

Berdasarkan pantauan lapanga, kegiatan tersebut dikemas dengan konsep Talkshow dengan menghadirkan beberapa narasumber yang berkompeten dibidang kehumasan seperti,  Anggota Divisi Riset dan Kompetensi BPP Perhumas Emilia Bassar, Dewan Pengawas RRI. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Sekretaris Diskominfo Kabupaten Bogor kardenal dan Kabid KIP Diskominfo Kabupaten Bogor Erwin Suriana. Serta diisi dengan penampilan instrumen oleh para siswa SMK Negeri 2 Cibinong. (Ice)
Diberdayakan oleh Blogger.