header_ads

Linguaphone.id

Pasanggiri Seni Tari dan Teater

Pasanggiri Seni Tari, Musik dan Teater 

Pasinggiri atau Sayembara untuk tiga seni, yakni Seni Tari, Musik, dan Teater untuk Tingkat BKPP Jawa Barat secara resmi telah dimulai. 

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar memukul alat pukul "kohkol" sebagai tanda dimulainya pasanggiri ini di Teater Tertutup Taman Budaya Jawa Barat di Dago Tea House, Kota Bandung pada Rabu malam (13/4/2016).

Tahun ini merupakan ketiga kalinya pasanggiri ini digelar. Pembukaan yang digelar malam ini adalah Pasanggiri untuk BKPP Priangan I Jawa Barat yang pesertanya berasal dari Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Sumedang.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengungkapkan melalui pasanggiri ini menurutnya ada peningkatan kualitas dari segi pertunjukan yang disajikan oleh para peserta dari pasanggiri kedua, serta berharap ada peningkatan kualitas lagi dari sisi kreatifitas para peserta
pasanggiri ketiga ini.

Dirinya berharap dengan adanya pasanggiri ini bisa memotivasi kabupaten/kota yang ada di Jawa Barat untuk membangun gedung kesenian yang representatif. Karena menurutnya, saat ini belum ada kabupaten/kota yang memiliki gedung kesenian yang ideal untuk sebuah seni pertunjukan. Padahal pihak provinsi siap memberikan bantuan bagi pemkab/pemkot yang mempunyai inisiatif untuk membangun gedung kesenian yang baik.

Melalui pasanggiri ini, diharapkan pula akan berkembang ke bidang lainnya seperti ekonomi kreatif. Hal ini bisa dilakukan melalui berbagai pertunjukan Seni Tari, Musik, dan Teater dari para seniman yang ditonton oleh para wisatawan, sehingga akan memberikan pendapatan serta bisa mendorong kesejahteraan masyarakat khususnya para seniman yang ada di Jawa Barat.

Selain di Kota Bandung (BKPP Priangan I), Pasanggiri Seni Tari, Musik, dan Teater ini akan digelar pula di BKPP lainnya di Jawa Barat. Berikut jadwal Pasanggiri Seni Musik, dan Teater ke-3 Tingkat BKPP Jawa Barat:

1.    Wilayah BKPP I Bogor
Waktu: Tanggal 19 - 20 April 2016
Tempat: Gedung Kesenian Kemuning Gading, Kota Bogor

2.    Wilayah BKPP Priangan II
Waktu: Tanggal 11 - 12 Mei 2016
Tempat: Gedung Kesenian Dadaha, Kota Tasikmalaya

3.    Wilayah BKPP II Purwakarta
Waktu: Tanggal 18 - 19 Mei 2016
Tempat: Gedung Budaya, Kabupaten Karawang

4.    Wilayah BKPP III Cirebon
Waktu: Tanggal 27 - 28 April 2016
Tempat: Gedung Kesenian Larasantang, Kota Cirebon

5.    Grand Final
Waktu: Tanggal 28 - 29 Mei 2016
Tempat: Gedung Kesenian Sunan Ambu ISBI, Kota Bandung

HUMAS PEMPROV JABAR

Diberdayakan oleh Blogger.