header_ads

P2TP2A Dorong Pendekatan Pola Asuh Anak

Netty Dorong Pendekatan APA Dalam Pola Pengasuhan Anak 

Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Provinsi Jawa Barat Netty Heryawan menyebutkan sebagai orangtua harus melakukan pendekatan dalam mendidik anak yang disebut APA. 

“Antara lain: Arahan yang baik, Pilihan karena anak mempunyai karakter yang berbeda dan Alasan yang edukatif. Sehingga anak akan senang berdialog dan berkomunikasi dengan orangtua yang menimbulkan  kenyamanan dan rasa betah di rumah tanpa harus mencari tempat nyaman diluar,” jelas Netty pada Parenting Gathering Indonesia Scout Chalenge West Java bersama Kak Seto dengan tema Mendidik Anak Dengan Cinta di Graha Plaza Asia Mall Tasikmalaya, Kamis (7/4). 

Netty menyebutkan ada tiga jenis orangtua dalam mendidik anak yang dapat membentuk karakter anak. Antara lain orangtua nyasar maksudnya orangtua Yang tidak tau bagaimana cara mendidik anak, orangtua bayar maksudnya menganggap ukuran sukses seorang dapat dibeli dengan dana yang berkecukupan dan  orangtua sadar maksudnya sebagai orangtua memahami bagaimana menyiapkan stategi dan bagaimana cara mengasuh dengan mau belajar. 

Ketua Dewan Pembina Kompas Perlindungan Anak, Seto Mulyadi mengatakan sebagai orangtua haruslah menyayangi anak-anak mereka bukan melakukan kekerasan yang menyebabkan rusaknya karakter. Keharmonisan orangtua dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak dan tumbuh kembang anak, masa anak-anak merupakan masa bermain dan membentuk kreativitasnya. "Mendidik anak haruslah dengan cara yang menyenangkan dan cinta sehingga anak tidak merasa tertekan serta terhindar dari perilaku kekerasan dan penelantaran," tegasnya. (red)

Diberdayakan oleh Blogger.