header_ads

Launcing Pelayanan Perizinan Berbasis Online

Optimalisasi dan Percepat Pelayanan Perizinan 
BPMPTSP Kabupaten Bogor 

Untuk mempercepat dan mempermudah pelayanan perizinan satu pintu di Kabupaten Bogor, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dalam hal ini Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP) Kabupaten Bogor resmi melaunching dua pelayanan perizinan dengan sistem online, di Kantor BPMPTSP Kabupaten Bogor, Rabu (21/4/2016). 

Kepala BPMPTSP Kabupaten Bogor, Yani Hasan menuturkan, peresmian dan launcing dua pelayanan perizinan sistem online ini juga bertepatan dengan hari Pelayanan Terpadu Satu Pintu Seluruh Indonesia dan Hari Peringatan RA Kartini yang jatuh setiap tanggal 21 April. Dua pelayanan perizinan yang bisa dilakukan melalui sistem online yakni perizinan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), dan perizinan Tanda Daftar Perusahaan (TDP). 

Pada era perkembangan Teknologi Informasi (TI) yang semakin pesat, maka pelayanan perizinan sudah seharusnya dilakukan melalui sistem online, diharapakan bisa mempercepat dan meningkatkan pelayanan perizinan kepada masyarakat. Agar pelayanan dengan sistem online ini bisa optimal, lanjut Yani menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan tenaga atau Sumber Daya Manusia (SDM) yang siap melayani masyarakat. Dengan rutin melakukan pembinaan melalui kegiatan in house training untuk meningkatkan kualitas SDM di BPMPTSP. 

Tahun ini, in house training akan dilaksanakan sebanyak delapan kali, para pegawai di BPMPTSP. Mereka dibina dengan diberikan materi berbagai hal-hal baru mengenai pelaksanaan, aturan lama, strategi, hukum serta pola-pola cara pelayanan perizinan yang baik. Karena Perkembangan peraturan pelayanan perizinan dipusat bergerak sangat cepat dan dinamis, sehingga harus bisa menyesuaikan.

Bertepatan dengan menyambut hari perizinan satu pintu seluruh Indonesia, pihaknya juga memiliki program lima jenis pelayanan perizinan Empat Jam Selesai. Yakni, Surat Izin Usaha Perdangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Tanda Daftar Gudang (TDG), Izin Usaha Toko Modern (IUTM), Perpanjang Izin Memperkerjakan Tenaga Asing (IMTA).

Program ini berjalan sejak Februari hingga November 2016 mendatang yang siap melayani kebutuhan masyarakat khusus untuk pelayanan perizinan empat jam selesai bisa dilakukan setiap hari senin pada minggu 2,3 dan 4. Diharapkan kedepan pelayanan perizinan bisa meningkat lebih baik dan seluruh perizinan di BPMPTSP Kabupaten Bogor bisa berstandar ISO, saat ini baru hanya 36 jenis izin yang berstandari ISO dan tahun 2016 ini akan ada 15 jenis izin yang akan meraih ISO.  (Adv)
Diberdayakan oleh Blogger.