header_ads

Kader Permpuan Dibina BPPKB Kabupaten Bogor

Peran Kader Perempuan Desa Ditingkatkan 

Kegiatan yang kental dengan isu pengarusutamaan gender ini dilaksanakan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Bogor. Kegiatan yang melibatkan 50 puluh orang perwakilan kader desa se-Kabupaten Bogor ini dikemas dalam bentuk workshop di Wisma Abdi, Megamendung, 27 sampai 29 April 2016.

Kepala BPPKB Kabupaten Bogor Emmy Pernawati mengatakan, ini adalah kesempatan yang baik untuk para kader perempuan di Kabupaten Bogor. Mereka bisa memanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan kapasitasnya dan menjalankan tanggung jawab publik nya. Pada forum ini kita hadirkan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor Ade Munawaroh yang bisa memberikan pengalamannya menjadi salah satu perempuan yang punya pengaruh di Kabupaten Bogor.

"Dengan semakin cerdas dan pintarnya perempuan akan membuka aksesibilitas bagi kaum perempuan di ruang publik. Beberapa tahun terakhir pemberdayaan perempuan menjadi fokus pemerintah kabupaten bogor. Jadi pemerintah ingin kaum perempuan bisa memiliki gagasan, pemikiran, kreatifitas dan inovasi dalam peranannya membangun Kabupaten Bogor menjadi kabupaten termaju di Indonesia. Upaya termaksud artinya pemerintah Kabupaten Bogor punya perhatian khusus untuk meningkatkan derajat kaum perempuan", ujar Emmy.

Emmy menambahkan, saat ini sudah banyak kaum perempuan yang memiliki peranan di Kabupaten Bogor mulai di ranah eksekutif maupun legislatif. Bahkan pimpinan daerah kita atau Bupati kita adalah seorang perempuan. Ini artinya Kabupaten Bogor membuka kesempatan seluas-luasnya tanpa ada diskriminasi bagi perempuan. Maka kita harapkan para peserta di sini nantinya bisa menjadi agen-agen pembangunan yang bisa memiliki kemampuan pengambilan kepustusan di desanya.

Ety salah seorang kader desa mengatakan saat ini posisi perempuan sudah berubah di mata masyarakat. Perempuan bisa menjadi pengambil kebijakan baik di keluarga maupun di masyarakat. Contohnya sudah banyak kaum perempuan yang sudah menjadi pemimpin di Indonesia maupun di dunia.

"Oleh karenanya kita sebagai kaum perempuan harus terus mengembangkan kemampuan diri dan bersaing di tengah masyarakat. Perempuan di era sekarang ini harus kreatif dan inovatif segingga tidak hanya bergantung pada laki-laki. Jangan cuma berdiam saja seperti jaman dulu. Namun yang penting kita juga tidak melupakan kodrat kita sebagai perempuan sejati", terang Ety. (ICE)


Diberdayakan oleh Blogger.