header_ads

Linguaphone.id

Kabupaten Bogor Waspadai Penyakit Difteri

Kabupaten Bogor Waspadai Penyakit Difteri 

Balita yang memiliki daya tahan tubuh lemah terancam mengidap penyakit difteri memasuki musim pancaroba ini. Difteri merupakan penyakit yang menyerang balita akibat gigitan nyamuk aedes aegepty. 

Kepala Seksi Imunisasi Dinkes Kabupaten Bogor, dr. Yessi Desputri mengungkapkan jumlah penderita penyakit difteri yang menyerang anak - anak dibawah umur dan balita masih ditemukan di wilayah Kabupaten Bogor. "Berdasarkan hasil pemeriksaan dan diagnosa dokter rumah sakit yang menangani kasus ini, sebagian penderita yang dirawat adalah balita yang belum mendapatkan imunisasi lengkap," jelasnya.  

Menurutnya, balita yang belum mendapatkan imunisasi lengkap maka tingkat kekebalan tubuh balita tersebut cenderung rentan terhadap penyakit Difteri yang mematikan. Penyakit ini akibat gigitan nyamuk aedes aegepty yang gejalanya hampir sama dengan gejala demam berdarah dan penyakit ini cukup berbahaya apabila tidak ditangani dengan cepat.  

"Penderita ini anak - anak dibawah usia lima tahun yang selama hidupnya belum di imunisasi bahkan ada yang belum sama sekali. Padahal, setiap Posyandu dan klinik Kebidanan yang tersebar di Kabupaten Bogor melayani pemberian imunisasi lengkap bagi balita. Mungkin si Ibu belum mengetahui bahwa vaksin Polio saja tidak cukup untuk kekebalan tubuh balita apabila tidak dilanjutkan dengan imunisasi lengkap," tambahnya. (bili)
Diberdayakan oleh Blogger.