header_ads

Linguaphone.id

Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-52 Tahun 2016

Netty: Warga Binaan Perlu Kembangkan Potensi  

Dalam rangka Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-52, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Kantor Wilayah (Kanwil) Jawa Barat, menggelar Pameran Hasil Karya Narapidana Se-Jawa Barat, berupa kerajinan tangan yang dibuat oleh para warga binaan di Lapas dan Rutan. Pameran berlangsung di area Car Free Day Jl. Asia Afrika Bandung, Minggu (10/04/16).

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Barat Netty Prasetiyani Heryawan,  datang ke lokasi acara menggunakan sepeda, kemudian mengawali kegiatan tersebut dengan senam bersama Kakanwil Kemenkumham Jawa Barat, Pegawai Kanwil Jawa Barat, para Kalapas se-Jawa Barat, bersama - sama ratusan Masyarakat lainnya.

Berbaur dengan masyarakat, Netty mengajak masyarakat untuk tidak mengeneralisasikan berita miring tentang Lapas yang beredar selama ini. Seperti Lapas yang menjadi sarang peredaran Narkotika, Lapas yang sering terjadi konflik, dan lain sebagainya. Ini dikatakannya karena, menurutnya masih banyak lapas yang berfungsi sebagai mana mestinya, yaitu melakukan binaan kepada warga Lapas dengan sebaik - baiknya. Bahkan masih banyak lapas yang 'zero - handphone' dan 'zero - narkoba', dengan pengawasan yang ketat.

"Ini adalah sebuah kegiatan yang patut kita apresiasi. Sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang Pemasyarakatan. Kalau hari ini ada berita satu, dua yang miring tentang Lapas, itu tidak bisa digeneralisasikan, masih banyak Lapas yang mempunyai integritas, melakukan pembinaan dengan seharusnya," ujar Netty.

Kegiatan ini menjadi moment untuk menyiapkan para warga pemasyarakatan untuk kembali berbaur dengan masyarakat, menjadi warga masyarakat seutuhnya. Selain itu keterampilan yang diberikan kepada mereka pun menjadi penting, memberikan keahlian mereka untuk berekonomi kreatif di jaman industri kreatif saat ini.

"Hari yang istimewa buat kita, kita ingin menghadirkan masyarakat Jawa Barat yang maju dan sejahtera. Bagaimana caranya warga binaan bisa kembali berkumpul dan berinteraksi dengan warga masyarakat lainnya. Tentu berarti ini juga untuk mengangkat nama baik lembaga pemasyarakatan," tutur Netty. 

Adapun rangkaian kegiatan lainnya dalam rangka memasyarakatkan warga binaan ini yaitu, Lomba Menggambar dengan tema 'Permasyarakatan' untuk pelajar tingkat SD, Pemeriksaan Kesehatan Gratis bagi masyarakat umum,  Penyuluhan tentang Permasyarakatan, berupa penyuluhan dan konsultasi hukum dari Kanwil Kemenkumham Jabar. Juga tak ketinggalan adapula acara Hiburan live music, dan doorprize.

Disamping itu Netty yang juga Ketua TP PKK Jawa Barat mengajak seluruh elemen masyarakat yang ada, untuk juga mensukseskan Penyelenggaraan PON XIX & Peparnas XV tahun 2016 di Jawa Barat. "Mudah-mudahan hari ini juga jadi momentum bersama untuk membangun 'Bandung Juara', 'Jabar Kahiji', apalagi Jawa Barat akan menjadi tuan rumah PON XIX/2016. Jadi hari ini kira harus bertekad menjadikan Jawa Barat tuan rumah yang baik, sekaligus menyabet gelar Juara Umum," uranya. (red)
Diberdayakan oleh Blogger.