header_ads

BPMPD Rapat Kordinasi Tenaga Pendamping Desa

Rapat Kordinasi Tenaga Pendamping Desa 

Dalam rangka mempersiapkan tenaga Pendamping Desa yang akan bertugas di seluruh Kecamatan yang ada di Bumi Tegar Beriman, dilakukan rapat koordinasi (Rakor) oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Provinsi Jawa Barat yang berlangsung di aula kantor BPMPD Kabupaten Bogor. 

Dalam paparannya, Kepala Bidang Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat pada BPMPD Provinsi Jawa Barat, Firman Nutafiana disela kegiatan rakor menjelaskan pendamping desa yang berhasil direkrut untuk betrtugas di wilayah Kabuupaten Bogor sebanyak 50 orang diantaranya 46 orang untuk tenaga pendamping desa yang akan bertugas di kecamatan dan 4 orang tenaga ahli yang bertugas ditingkat Kabupaten Bogor. 

Menurutnya, secara tekhnis cara kerja dari para tenaga pendamping desa ini ada sedikit perbedaan dengan tenaga PNPM sebelumnya. Kalau PNPM katanya, melakukan pendekatan terhadap terhadap kelompok-kelompok masyarakat, seperti masyarakat miskin, kegiatan simpan pinjam modal kepada kelompok usaha perempuan dan lain sebagainya namun cara kerja pada pendamping desa ini akan lebih luas karena mencakup seluruh aspek pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Amanah dari Undang-undang Nomor 06 tahun 2014 tentang desa harus dilaksanakan secara baik. "Berbagai sektor baik pembangunan maupun pemberdayaan masyarakat desa yang harus diketahui oleh tenaga pendamping termasuk tata kelolah pemerintahan desa," paparnya dihadapan 46 pendamping desa dan 4 orang tenaga ahli, Senin (7/3/2016). 

Dirinya mengingatkan dalam melaksanakan tugasnya, para pendamping desa ini akan membantu pemerintah desa dalam memberikan wawasan atau pengetahun terhadap tata cara pengelolaan pemerintahan desa baik dalam bentuk pelaporan keuangan desa, penyusunan RPJMdes, RKPdes dan lain sebagainya. (ICE)
Diberdayakan oleh Blogger.