header_ads

BPBD Kabupaten Bogor Butuh Armada Hydrolik

Damkar Kab.Bogor Tidak Punya Armada Hidrolik 

Armada pemadam kebakaran (Damkar) yang dimiliki Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Bogor sangat jauh dari memadai. Pasalnya, pembangunan pesat di pusat perkotaan dan potensi bencana cukup tinggi di Bumi Tergar Beriman.

Kepala Bidang Kesiapsiagaan dan Satlakar BPBD Kabupaten Bogor, Budi Aksomo mengungkapkan sejumlah 12 armada Damkar jenis sedang belum memadai dalam penanganan bencana dan kebakaran, khususnya gedung dan bangunan bertingkat. "Armada Hidrolik 32 meter menjadi kebutuhan mendesak, sedikitnya dua unit armada baru mengingat luasnya wilayah Kabupaten Bogor di 40 Kecamatan," harapnya, Senin (25/4/2016).

Dirinya juga menginginkan prasarana sumber air berupa hydrant dapat ditambah jumlahnya. "Setidaknya setiap 60 meter ada hydrant perkotaan. Sebab, hydrant yang ada saat ini jumlahnya sangat terbatas yang sebagian besar tidak berfungsi dan pencurian kopling hydrat yang terbuat dari kuningan," ungkapnya. 

Disamping itu, lanjut Budi Aksomo, perlunya penegakkan standar operasional dan prosedur (SOP) bekerja sama dengan Satlantas, sehingga armada Damkar diberikan prioritas lalu lintas jalan raya. "Intinya sarana dan prasarana yang memadai didukung oleh penguatan kapasitas sumber daya manusia melalui pelatihan praktek dan teori serta praktek Fire Rescue yang kita giatkan tahun ini," jelasnya. (bili)
Diberdayakan oleh Blogger.