header_ads

BLH Segera Pulihkan Setu Citongtut Cicadas

Pencemaran lingkungan Setu Citongtut

BLH Gelar Pertemuan Dengan Forum Peduli Setu Citongtut sebagai tindak lanjut kasus pencemaran lingkungan Setu Citongtut Desa Cicadas Kecamatan Gunung Putri akibat ulah manusia dan industri akhirnya dibahas langkah pemulihannya.

Menyikapi hal ini, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Bogor memfasilitasi pertemuan antara masyarakat Forum Peduli Setu Citongtut, Satgas Lingkungan Hidup dan Karang Taruna Gunung Putri dengan sejumlah perwakilan perusahaan swasta, bertempat di ruang rapat BLH Kabupaten Bogor, Kamis (14/4/2016).

Ketua Forum Setu Citongtut, Sabar mendesak segera dilakukan pemulihan setu sebagai salah satu aset masyarakat Gunung Putri yang harus terus di jaga dan dilestarikan. "Semua pihak harus duduk bersama dan bahu membahu sumbangsihnya agar pemulihan setu dapat dipercepat. Kita berharap BLH mendorong aspirasi masyarakat dan sumbangsih CSR 14 pengusaha yang selama ini menjalankan bisnis di sekitar setu, " pintanya.

Salah satu perwakilan perusahaan PT Arindo, Tatang mengatakan pihak swasta tidak tertutup mata dalam upaya pelesetarian lingkungan setu dan sumbangsihnya secara bersama-sama masyarakat melakukan pemulihan setu sesuai yang diputuskan bersama dalam pembahasan hari ini.

Dalam pembahasan ini, Lurah Cicadas Abbas Baesuni mendesak para pengusaha untuk tidak lagi membuang limbah cair yang dialiri ke setu. "Masyarakat, swasta dan pemerintah harus kompak, setu harus dipulihkan dan normalisasi serta dibangun taman dan memperbanyak lubang biopori," desaknya. 

Sementara, Kepala Bidang Pemulihan Dan Sengketa BLH, Lundris, SH,MPH menjelaskan kelestarian lingkungan hidup dan habitatnya adalah tanggung jawab bersama, bukan hanya pemerintah akan tetapi peran masyarakat dan swasta sehingga terwujud 'Bogor Hejo'. (bili)
Diberdayakan oleh Blogger.