Header Ads

UPT Berikan Vaksin Avian Influenza

Cegah wabah flu burung, Disnakkan Beri Vaksin

Antisipasi wabah flu burung merambah wilayah bumi tegar beriman terus digiatkan Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Bogor. 

Kepala UPT Pusat Kesehatan Hewan dan Ikan (Puskeswankan) Wilayah II, Endang Suhendar mengatakan pihaknya melakukan vaksinasi avian influensa sebanyak 500 dosis sebanyak tiga tahap di 5 Kecamatan. "Vaksinasi avian untuk unggas kita lakukan tiga tahap dimulai pekan lalu, pekan ini dan pekan depan," katanya di kantor Disnakkan Kabupaten Bogor. 

Sebanyak 500 dosis diberikan untuk unggas peliharaan yang berada di Kecamatan Pamijahan, Cibungbulang, Leuwiliang, Leuwisadeng, Nanggung. "Jenis unggas yang di vaksin adalah ayam, burung, itik, dan sejenisnya," tambah dia. 

Dirinya mengaku belum ditemukan adanya wabah flu burung atau unggas yang mati mendadak. Hal ini karena pihaknya rutin memberikan vaksin kepada unggas. "Bukan hanya vaksi avian saja yang rutin kita berikan, melainkan vaksi untuk rabies, antrak,, heromonas dan white spot juga rutin dilakukan,", imbuhnya. 

Endang Suhendar menghimbau kepada warga yang memelihara unggas supaya menjaga kebersihan kandang, pola makanan hewan serta pola hidup bersih sehat warga sekitar agar terhindar dari wabah flu burung. (bili)
Diberdayakan oleh Blogger.