Header Ads

Universitas Trilogi Akan Kembangkan Pertanian Kota

Bersama PERHEPI, Prodi  Agribisnis  Universitas Trilogi Kembangkan Pertanian Kota 

Sebagai ibukota negara, Jakarta memang tidak hanya menjadi pusat pemerintahan saja. Jakarta sudah menjadi magnet bagi semua lini aktifitas. Bahkan gelombang urbanisasi dengan segala bentuknya menjadi salah satu bukti bahwa Jakarta itu memang menarik. Disisi lain dengan semakin tumbuhnya Jakarta dengan identitas diri sebagai sebuah kota besar. Jakarta otomatis akan dihampiri berbagai persoalan, diantaranya mengenai pangan atau pertanian. 

Persoalan-persoalan inilah yang menjadi landasan Program Studi Agribisnis Universitas Trilogi melakukan berbagai upaya untuk memberikan solusi alternatif yang terbaik. Salah satu upaya tersebut adalah dengan menggandeng Perhimpunan Ekonomi Pertanian Indonesia (PERHEPI) untuk mengembangkan pertanian kota.

“Sebagai kampus yang berposisi di Jakarta, Universitas Trilogi bisa berperan sangat penting dalam hal ini. Universitas Trilogi sangat bisa mengembangkan pertanian kota sehingga bisa menghidupkan kebutuhan kota,” sampai Ketua Umum Pengurus Pusat PERHEPI, Dr. Bayu Krisnamurthi saat menjadi pembicara kunci pada Focus Group Discussion (FGD) Universitas Trilogi – PERHEPI Komda Jakarta.  

Wakil Menteri Perdagangan RI 2009 – 2014 ini juga menuturkan bahwasanya kita saat ini belum berpikir semisal mempersiapkan prepared food and beverage. Padahal hal semacam ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat kota yang hidup dengan berbagi kesibukannya.
FGD yang diadakan pada awal Maret (1/3) di Universtias Trilogi ini merupakan pehelatan kolaborasi antara Prodi Agribisnis Universitas Trilogi bersama PERHEPI Komda DKI Jakarta. Diskusi ini mengusung tema “Peran Sektor Pertanian dalam Pembangunan Ekonomi Nasional : Tinjauan Multi-Perspektif,” 

Rektor Universitas Trilogi, Prof. Dr. Asep Saefuddin juga menegaskan bahwa pertanian kota dari awal memang merupakan bagian yang tak terpisahkan dari cita-cita sekaligus tanggung jawab moral Universitas Trilogi. Hal ini tercermin dari tiga pilar Universitas Trilogi yang diantaranya adalah teknopreneur. Selain itu, walaupun berada di ibukota, program studi dengan basis pertanian yang di Universitas Trilogi berada di bawah fakultas bioindustri sudah dihadirkan seiring dengan hadirnya universitas ini sendiri.  

“Melalui program studi yang berbasis pertanian serta berkolaborasi degan prodi lainnya di Universitas Trilogi, kita ingin juga menghadirkan jawaban dengan menghadirkan pertanian kota dari sisi teknopreneurnya. Sebagai negara agraris, kita harus menaikkan produktifitas pertanian sekaligus kemasan serta daya jualnya. Agar hasilnya maksimal, tentu upaya ini haruslah memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada,” tambah guru besar IPB yang juga Wakil Forum Rektor Indonesia ini.

Menambahkan apa yang disampaikan oleh Rektornya, secara spesifik Ketua Program Studi Agribisnis , Maulidian, S.Hut., M.M. menjelaskan bahwa konsep pertanian perkotaan terutama sektor agribisnis memandang pertanian tidak hanya berfokus pada kegiatan produksi/budidaya (on-farm) saja.  

“Kita juga lebih fokus pada kegiatan hilirisasi pertaniannya (off-farm). Seperti nilai tambah produk pertanian, kualitas dan keamanan produk pertanian, distribusi dan rantai pasok, pemasaran serta konsumsi gizi terhadap produk pertanian tersebut” sampainya Ketua Program Studi Agribisnis Universitas Trilog ini.  

Acara FGD ini juga menghadirkan beberapa pembicara dengan sudut pandangnya masing-masing. Mereka diantaranya Prof. Ir Tian Belawati (Rektor Universitas Terbuka), Ir. Tuty Kusumawati, MM ( Kepala Bappeda DKI Jakarta), Ir. Toriq Hadad, MM (Direktur Pemasaran & Pengembangan Bisnis Tempo Media Group), Dr. Ir, Rr. Endah Murniningtyas (Deputi Menteri PPN/Kepala Bappenas Bidang Kemaritiman dan SDA). Prof. Dr. Haryono Suyono (Mantan Menko Kesra dan Taskin) 

Selain itu, di hari dan tempat yang sama dilaksanakan juga Musda PERHEPI Komda Jakarta 2016. Hasil dari Musda ini memberikan amanah sebagai ketua PERHEPI Komda Jakarta adalah Dr. Ir. Rr. Endah Murniningtyas, M.Sc, yang juga masih aktif sebagai Deputi Kemaritiman dan Sumberdaya Alam, kementerian PPN/Kepala Bappenas. Sedangkan Sekretarisnya yang terpilih adalah Dr. M. Rizal Taufikurrahman, yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua LPPM/Dosen Program Studi Agribisnis Universitas Trilogi. 

Kepengurusan baru PERHEPI Komda DKI Jakarta ini juga menyepakati menjadikan Universitas Trilogi sebagai pusat sekretariatnya. Hal ini sekaligus memperkokoh dan memperkuat semangat Universitas Trilogi melakukan gerakan untuk mewujudkan pertanian kota yang sesuai harapan. (red)

Diberdayakan oleh Blogger.