Header Ads

Tohaga Makmur Dukung Kurangi Sampah Plastik

PD Pasar Tohaga Andil Kurangi Kantong Plastik Melalui Program Tohaga Makmur

Program Tohaga Makmur berupa pengolahan sampah pasar terpadu mulai digiatkan PD Pasar Tohaga Kabupaten Bogor. Sejak awal Januari 2016 pihaknya telah melakukan uji coba dengan joint venture bersama pihak terkait guna meyukseskan program tersebut. 

”Tohaga Makmur yang sedang kami uji coba di TPAS Galuga itu merupakan kegiatan pemilahan sampah pasar berupa sampah organik, non organik, cairan lindi dan lainnya yang diantaranya memiliki nilai ekonomi. Tahun ini kita uji coba selama 6 bulan dan bila berhasil maka kita gandeng pihak ketiga untuk mengembangkannya,” ungkap Andriyanoto, Kepala Bidang Humas PD Pasar Tohaga, Jum'at (5/3/2016). 

Pihak ketiga akan menjalin kerjasama melalui komitmen yang dituangkan pada Memorandum Of Understanding. “Bila uji coba ini berhasil maka kita harapkan akan berjalan lancar mulai tahun 2017 dan seterusnya. Pentingnya program ini karena bisa mengurangi sekitar 40 persen sampah 23 pasar tradisional modern ke tempat pembuangan akhir sampah,“ jelasnya. 

Program Tohaga Makmur ini juga upaya mendukung Pemerintah Pusat dalam mengurangi sampah plastik yang sebagian berasal dari kantong plastik. ”Rata-rata 15 sampai 20 ton sampah sehari dihasilkan dari 23 24 pasar tradisional modern di Kabupaten Bogor. Selama ini sampah tersebut diangkut armada sampah menuju TPAS Galuga, dan sebagian adalah sampah plastik,” imbuhnya.

Pihaknya bertekad untuk menyukseskan program Tohaga Makmur sebagai bentuk kepedulian dan aksi nyata pihaknya dalam pengelolaan sampah pasar terpadu yang ramah lingkungan. (Dwitama)
Diberdayakan oleh Blogger.