header_ads

Linguaphone.id

Tembok Pembatas Vila Puncak Bogor Longsor

Longsor terjadi di Kampung Brujul Rt 01/02 Kelurahan Cisarua 

Hujan yang turun di kawasan Puncak Bogor beberapa hari terakhir mengakibatkan tembok vila longsor di kampung Brujul Rt.01/02 Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cisarua Puncak Bogor, Selasa (01/02/2016) pagi.

Menurut Soleh, Ketua Rt.02/02, longsor yang terjadi ini akibat beban dari pagar beton setinggi 3 meter dan tidak adanya lubang resapan air di dinding tembok. Jalan kampung adalah jalan akses ke kampung Brujul. Tapi, akibat kejadian ini tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. 

Dirinya mengungkapkan tebing pagar tembok yang longsor adalah villa milik Hany Kirana, warga BSD serpong. Petugas linmas dibantu warga bahu membahu mengevakuasi tanah dan puing tebing yang tumpah ke jalan. 

Dilokasi kejadian, Menurut Kapolsek Cisarua, Kompol Musimin membenarkan beberapa titik di wilayahya rawan longsor. Salah satu yang menjadi perhatian adalah daerah kampung Ciburial, Desa Tugu Utara. " Disana banyak Villa yang berdiri di kemiringan yang tajam, tentu di musim hujan seperti sekarang ini sangat rawan terjadinya longsor" ujarnya.

Jatnika, salah satu tokoh pemerhati lingkungan menambahkan kawasan Puncak Bogor seperti Bom Waktu, bencana alam akan terjadi terus akibat tata ruang yang tidak dibenarkan." Banyak bangunan yang tidak sesuai peruntukanya. Selama ini dibiarkan begitu saja. Belum lagi tingkat kepadatan hunian di puncak sudah sangat padat. Perlu perhatian khusus dari Pemda Kab. Bogor, jika tidak ya kita akan terus mendengar bencana demi bencana," tambahnya. (cj)
Diberdayakan oleh Blogger.