Header Ads

Tanah Longsor Landa Gunung Geulis Sukaraja

Tanah Longsor di Gunung Geulis Sukaraja Bogor. 

Kampung Legok Keramat RT 02/05, Desa Gunung Geulis, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor merupakan kawasan yang masuk peta rawan longsor. Geografis wilayah yang berundak-undak dan kontur tanah yang labil seaktu-waktu bisa menjadi ancaman bencana longsor.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor Budi Aksono, menjelaskan pada Senin (7/3/2016) malam, tebing setinggi 6 meter longsor dan menimpa sebuah rumah yang berada di Kampung Legok Keramat RT 02/05, Desa Gunung Geulis, Kecamatan Sukaraja. Akibatnya, salah seorang penghuni rumah, Rizki (7), tewas tertimbun tanah. Diduga longsor terjadi akibat hujan deras yang terus mengguyur kawasan Puncak dan sekitarnya sejak Senin siang.

Menurutnya, peristiwa longsor terjadi saat bocah malang tersebut tengah tertidur di kamarnya, sekitar pukul 22.00 WIB. Saat itu hujan lebat mengguyur kawasan Bogor dan sekitarnya. "Saat kejadian berlangsung, korban Rizki tengah tertidur pulas di kamarnya. Kemudian tebing yang berada di belakang rumahnya longsor dan menimbun rumah korban," kata Budi.

Pihaknya dibantu oleh Kepolisian, TNI, dan warga sekitar segera melakukan evakuasi. Petugas dan warga harus berjibaku dengan lumpur saat mendekati lokasi longsor, namun akhirnya korban berhasil dievakuasi petugas sekitar 30 menit kemudian dalam keadaan tidak bernyawa.

Dua penghuni rumah lainnya yakni Soma dan Ati hanya mengalami luka-luka dan telah dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan. "Korban ditemukan di dalam kamar, kondisinya sudah meninggal dunia. Saat ditemukan korban sudah terlilit bedcover. Kemungkinan besar saat kejadian korban sedang tertidur pulas, kemudian pada saat kamarnya tertimpa longsor, bedcover yang dia gunakan menggulung tubuhnya karena terdorong tanah yang masuk ke dalam kamar," jelasnya, Selasa (8/3/2016) . 

Bencana longsor pun terjadi di empat titik lainnya di wilayah Kabupaten Bogor. "Keempat titik lainnya yakni di Desa Jogjogan, Kecamatan Megamendung yang mengakibatkan empat rumah mengalami rusak berat, di Desa Cipayung Girang, Cipayung Datar di Kecamatan Cisarua, dan di Kecamatan Caringin, Desa Cijayanti," katanya.

Tanah longsor di Gunung Geulis, pihaknya masih berupaya untuk mengangkat batu besar yang menutupi ruas jalan. Beberapa anggota BPBD, kepolisian, TNI, dan satgas lainnya terus bahu-membahu menyingkirkan tanah bercampur lumpur dan batu. (cj)
Diberdayakan oleh Blogger.