header_ads

Linguaphone.id

Puluhan SDN Bogor Belum Miliki WC Sehat

63 SDN Di Sukaraja Belum Miliki WC Sehat 

Sebagian bangunan sekolah tingkat dasar di wilayah Kabupaten Bogor belum memiliki kamar mandi atau water closed (KM/WC) yang sehat dan memadai. Hal ini bertentangan dengan program Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang sedang digiatkan menuju generasi muda sehat.

Pantauan dilapangan, SDN Cijujung 03 yang terletak di Desa Cijujung Kecamatan Sukaraja memiliki KM/WC yang belum memadai, kendati pihak sekolah sudah berupaya memperbaiki seadanya. Kondisi serupa juga ditemukan di sejumlah sekolah lainnya.

Kepala Sub Bagian Umum pada Unit Pelaksana Teknis Pendidikan Kecamatan Sukaraja, Sutisna membenarkan di wilayah kerjanya masih terdapat 63 Sekolah Dasar Negeri (SDN) dan Swasta yang belum memiliki KM/WC yang sehat dan memadai. Namun, pada tahun 2016 ini secara bertahap akan segera direalisasikan pembangunannya menggunakan dana APBD Tahun 2016.

“Hasil rapat Musrenbang disebutkan bahwa wilayah Kecamatan Sukaraja hanya dialokasikan pembangunan KM/WC untuk 14 SDN, jadi sisanya akan secara bertahap tersentuh pembangunan pada tahun mendatang,“ ungkap dia saat ditemui dikantornya,

Menurutnya, rencana pembangunan KM/WC sekolah harus memenuhi standar kesehatan ditinjau dari luas 4x8 meter persegi, memiliki ventilasi dan pencahayaan yang baik, sumber air tidak terkontaminasi limbah, dan kebersihan tempat yang terjaga.

 “Sekolah merupakan wadah aktifitas dan kegiatan belajar anak mulai pagi sampai sore yang harus didukung dengan sarana prasarana yang memadai dan lingkungan sehat. Pendekatan PHBS juga mutlak diterapkan disekolah agar anak-anak tetap sehat selama mencari ilmu," tambahnya.

Tak hanya itu, lanjut Sutisna, pihaknya juga bekerja sama dengan Badan Lingkungan Hidup guna menciptakan lingkungan sekolah sehat dan asri melalui pengenalan pembuatan lubang resapan biopori secara bertahap di seluruh sekolah. “Kita sudah terapkan di SDN Cimandala 01, SDN Sasana 01 dan SDN Santangjaya," imbuhya. (als)
Diberdayakan oleh Blogger.