header_ads

Linguaphone.id

Posyandu Bougenville Gelar Pos PIN 10 Maret

Warga pendatang juga menjadi sasaran PIN Polio 2016 

Kendati Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor gencar melakukan sosialisasi Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Tahun 2016 melalui media massa, RTV Teman, dan Mobil Keliling. Namun, jadwal pelaksanaan dan titik - titik lokasi keberadaan Pos PIN belum di informasikan menyeluruh.   

Tak hanya itu, Posyandu Bougenville di Desa Pasirlaja yang belum lama ini diresmikan oleh Bupati Bogor terpantau akan melaksanakan pelayanan pemberian vaksin polio secara gratis pada tanggal 10 Maret 2016. Padahal, pelaksanaan PIN Polio Tahun 2016 dilakukan serentak mulai tanggal 8 Maret sampai 15 Maret 2016 di Posyandu yang tersebar di Bumi Pertiwi.  

Terpisah, Warga Desa Tamansari Rt 03/2, Ny.Irene mengaku belum ada pemberitahuan dari pihak Rt setempat mengenai undangan PIN Polio dan lokasi pemberian vaksin polio di Pos PIN terdekat. "Saya belum terima undangan dari Posyandu, biasanya diantar petugas door to door, tapi ini saya harus cari sendiri Pos PIN yang dekat rumah," jelasnya, Senin (7/3/2016), dibenarkan Ny.Asih warga setempat. 

Sebelumnya, Kepala Bidang P2PKL Dinkes Kab Bogor Dr.KUSNADI menyerukan kepada seluruh UPT Puskesmas agar menggerakan sosialisasi merata kepada masyarakat termasuk Pondok pesantren. “Target kami 538.931 balita usia 0-59 bulan harus diberikan Vaksin polio gratis tahun ini. “Semua balita harus di vaksin baik itu warga domisili maupun pendatang tidak ada pilih kasih. Silahkan bawa balita ke Pos PIN terdekat," pintanya. 

Dirinya juga menegaskan apabila ada pengurus RT setempat yang tidak pro aktif membantu Kader Posyandu dalam menyosialisasikan pelaksanaan PIN Polio di wilayahnya agar melaporkannya. "Pos PIN itu pelaksanaannya ditempat Posyandu RW setempat. Jadi warga bisa datang langsung membawa balitanya ke Pos PIN terdekat," pintanya.

Dirinya mengakui keterbatasan tenaga di Puskesmas maka Kader Posyandu juga dilibatkan dalam kegiatan pemberian vaksin polio ini. "Apabila ada yang belum maka jadwalnya pada hari Kamis (10/3) atau Jum'at (11/3) di Pos PIN," jelasnya. (Als)
Diberdayakan oleh Blogger.