Header Ads

Pos PIN Kecamatan Sukaraja Sampai 11 Maret 2016

Sasaran tidak pandang bulu warga menetap dan warga pendatang 
Pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Tahun 2016 di wilayah Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor berjalan lancar sejak tanggal 8-11 Maret 2016. Kendati demikian pelaksanaannya tidak serentak selama sepekan diseluruh Posyandu, sedangkan mulai tanggal 12-15 Maret 2016 akan dilakukan jemput bola ke sasaran .

Kepala UPT Puskesmas Sukaraja dr. Lidya mengungkapkan pelaksanaan pemberian vaksin Polio selama 3 hari terakhir berjalan lancar sesuai jadwal yang sudah ditetapkan. "Memang pelaksanaannya tidak serentak selama sepekan di setiap Posyandu wilayah Kecamatan Sukaraja, karena harus sesuai jadwal," katanya.

Dirinya menjelaskan, keterbatasan sumber daya manusia dan arahan dari Bidang P2PKL pada Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor bahwa pelaksanaan Pos PIN 2016 di wilayah Kabupaten Bogor dilaksanakan hanya tanggal 8 Maret sampai 11 Maret 2016, dan selebihnya akan dilakukan jemput bola door to door memberikan vaksin polio kepada sasaran. 
"Saya berharap pemberian vaksin Polio dapat melampaui target sasaran balita 0-59 bulan yang ada di Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor, dan kami akan melakukan jemput bola bagi warga yang anaknya belum dibawa ke Pos PIN," jelasnya saat ditemui di Posyandu Bougenville, Kamis (10/3/2016).

Saat di singgung mengenai koordinasi dan peran aktif pengurus RT dan RW dalam menyosialisasikan PIN Polio 2016, dirinya mengaku sudah melakukan kordinasi dengan pihak Kecamatan Sukaraja agar setiap aparat Desa turut menggerakan pengurus RT dan RW guna menyampaikan informasi jadwal pelaksanaan Pos PIN terdekat. "Saya berharap RT dan RW juga aktif secara door to door memberitahukan kepada Kader Posyandu apabila ada warga yang memiliki bayi usia 0-59 bulan tapi belum datang ke Pos PIN," harapnya.

Terpisah warga pendatang RT 06/07 Desa Pasirlaja Ny. Nurlaila mengaku sudah membawa balitanya ke Posyandu Bougenville. "Saya baru tahu kalo posyandu Bougenville dijadwalkan hari ini (Kamis 10/3 -Red). Jujur saja, tidak ada satupun pengurus RT setempat yang memberitahukan saya jadwal vaksin Polio, mungkin saya ini cuma pendatang disini," ungkapnya.

Sebelumnya Kepala Desa Pasirlaja Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor didampingi Ketua TP PKK Pasirlaja melakukan pemantauan sejumlah Pos PIN di wilayah kerjanya sejak 8-10 maret 2016. "Kami turun ke lapangan untuk memastikan kelancaran pelaksanaan pemberian vaksin Polio di sejumlah pos PIN yang ada di wilayah kami. Sejauh ini pelaksanaannya cukup lancar," kata Kades Pasirlaja Amir Hamzah saat di temui di Posyandu Bougenville, Kamis (10/3) kemarin.

Untuk diketahui, Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor melalui bidang P2PKL telah menghimbau kepada seluruh masyarakat yang memiliki bayi usia 0-59 bulan untuk di bawa ke pos PIN terdekat mulai tanggal 8-11 Maret 2016 dan tanggal 12-15 Maret akan dilakukan sweeping door to door kerumah warga untuk memberikan vaksin Polio. "Sasaran tidak pandang bulu, warga menetap maupun warga pendatang yang memiliki anak 0-59 bulan harus di berikan vaksin Polio" kata dr. Kusnadi Kabid P2PKL Dinkes Kabupaten Bogor. (Als)


Diberdayakan oleh Blogger.